YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Meskipun pemerintah pusat telah memberikan lampu hijau kepada daerah yang sudah masuk PPKM Level 2 dan 3 untuk membuka bioskop, namun Pemprov DIY menyatakan masih pikir-pikir.

Wilayah Provinsi DIY yang berada di level 3 PPKM, hingga saat ini belum membuat keputusan terkait pembukaan bioskop di wilayahnya.

Diketahui, bahwa aturan pembukaan bioskop itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Baca Juga :  Kasus Teror Bom di Yogya, Kantor LBH Dilempari Bom Molotov

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat dimintai tanggapan, mengaku masih pikir-pikir untuk melakukan pembukaan bioskop.

Advertisement

Sebab, keputusan itu dikhawatirkan bakal menimbulkan kerumunan yang dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19.

“Nantilah, itu (bioskop) kan tempat berkumpul. Nanti kita batasilah, jangan membuka ruang-ruang seperti itu,” jelas Sultan saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Selasa (14/9/2021).

Raja Keraton Yogyakarta ini melanjutkan, jika bioskop nantinya dibuka maka harus ada pihak yang bersedia bertanggung jawab terkait pelaksanaannya.

Baca Juga :  Melihat dari Dekat Uniknya Kampung Teletubbies di Sleman

Penanggung jawab itu harus memastikan bahwa pembukaan bioskop telah menerapkan protokol kesehatan, dan mematuhi segala ketentuan yang dibuat oleh pemerintah pusat maupun daerah.

 

“Yang penting bagi saya ada yang bertanggung jawab. Kalau asal buka lalu yang tanggung jawab siapa,” jelas Sultan.

Lebih jauh, Sultan menegaskan bahwa keputusan untuk melonggarkan aktivitas masyarakat harus dilakukan secara hati-hati.

Jika sekali saja lengah, kasus terkonfirmasi dapat kembali mengalami peningkatan.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua