JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga: Generasi Muda Jadi Game Charger untuk Dorong Aktivitas Kewirausahaan

Menko Airlangga Hartarto saat meresmikan Gedung Pusat Inkubasi Bisnis kewirusahaan UMJ / Istimewa


SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Generasi muda memiliki peran penting sebagai game charger untuk mendorong aktivitas kewirausahaan dan mempercepat penciptaan lapangan kerja di tanah air.

Syaratnya, generasi muda saat ini harus memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi, kompetitif, berjiwa entrepreneur dan berkarakter.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat memberikan kuliah umum bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Rabu (15/9/2021).

Baca Juga :  Pemerintah Siapkan Strategi untuk Dorong Pemulihan Ekonomi di Sisa Tahun 2021

“Setidaknya itu, antara lain yang menjadi prasyarat utama yang perlu dimiliki oleh generasi muda saat ini,” tutur Airlangga, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Advertisement

Selain berjiwa wirausaha, mahasiswa masa kini juga diharapkan mampu menggali potensi talenta digitalnya. Menurut Airlangga, di era digital sekarang ini, generasi muda bukan hanya menjadi job seeker, tetapi juga mampu menjadi job creator.

Baca Juga :  Menko Airlangga: Presidensi G20 Jadikan Indonesia Role Model Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini memprediksi, dalam 15 tahun kedepan, Indonesia membutuhkan talenta digital. Artinya, Indonesia butuh 600.000 talenta digital per tahun.

“Pengembangan keterampilan digital diperkirakan akan memberikan kontribusi senilai Rp 4.434 triliun kepada PDB Indonesia di tahun 2030. Pemanfaatan talenta digital ini juga akan berperan sebagai akselerator bagi wirausaha,” ujar Airlangga.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua