JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Warung Sate Pak Darso Pengging, Legendaris di Boyolali. Jenderal hingga Jokowi Pun Pernah Mampir Mencicipi

Sate kambing Pak Darso di Pengging, Boyolali ini cukup legendaris / Foto: Waskita
ย ย ย 
Sate kambing Pak Darso di Pengging, Boyolali ini cukup legendaris / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Di kawasan Pengging, Kecamatan Banyudono, Boyolali,ย  ada sejumlah warung sate kambing. Namun demikian, Warung Sate Kambing Pak Darso sampai sekarang masih eksis dan tak tertelan zaman.

Warung sate di seberang jalan Kantor Kecamatan Banyudono iniย  mulai buka pada tahun 1955 silam.ย  Bagi pengunjung era dulu, tentu dapat menyimak,ย  penataan kursi bagi pelangganย  masih seperti dulu. Hanya saja tempatnya diperluas.

Satu cirikhas yang tak diubah-ubah adalahย  gerobak gendong yang sampai sekarang masih dipertahankan. Gerobak itu menjadi saksi kemunculan warung sate kambing Pak Darso yang legendaris di Boyolali.

Menyantap sate sembari menyaksikan tangan terampil sang penjual dalam membakar sate, tentu menjadi keasyikan tersendiri. Nah, karena itulah, kursi bagi pengunjung di depan sang penjual masih dipertahankan.

Baca Juga :  Polres Boyolali Gelar Sidang Tipiring di Luar Kantor Pengadilan, Semua Terkait Kepemilikan Ciu

Sehingga, pelanggan bisa menikmati sajianย  sate, sembari melihat langsung kesibukan penjual meracik dan membakar sate pesanan.

Daging kambing yang akan dimasak, biadanya masih digantungkan tepat di atas sang koki. Daging tersebut masih menyatu dengan tulang belulang.

Jika ada pembeli, barulah daging tersebut diiris lalu dipotong-potong dan ditusuk. Dengan begitu, aroma yang muncul akan terasa khas dan sedap.

Warung sate Pak Darso buka mulai pukul 07.30- 14.30. Jika tak ingin kehabisan, maka pengunjungย  harus datang lebih awal. Yang spesial dari warung sate yang berlokasi di jalan Raya Pengging, Banyudono, Boyolali ini adalah sate bakar masak.

Di mana, daging kambing yang baru dipotong lalu ditusuk dan dipanggang di atas bara arang kayu. Setelah itu dimasak dengan menggunakan kuah dan bumbu rahasia.

Baca Juga :  Jajaran Kejaksaan Negeri Boyolali Bagi-bagi Takjil ke Masyarakat

Harga pun masih cukup terjangkau, hanya Rp 22.000/ porsi. Menu lain adalah gulai, tongseng dan sate buntel.

Soal harga, tidak perlu khawatir. Warung makan yang buka mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 14.30 ini masih terjangkau.

Juru masak,ย  Nono menjelaskan, pihaknya tetap mempertahankan rasa seperti dulu. Warung sate ini jadi jujugan tokoh-tokoh penting yang kebetulan berkunjung ke Boyolali atau lewat di Boyolali. Seperti sejumlah Menteri, Kapolda dan Jenderal.

Pak Jokowi pernah mampir juga?

โ€œKalau Pak Jokowi memang sempat mampir ke sini dan pesan sate. Namun itu terjadi sudah lama, sebelum beliau menjadi Presiden,” ujarnya. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com