JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

160 Desa di Sragen Buka Mutasi Perangkat Desa, Tersedia 314 Lowongan dari Kasi Hingga Sekdes

Ilustrasi perangkat desa saat mengerjakan ujian tertulis CAT untuk pengisian Perdes. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jumlah desa yang menggelar proses mutasi perangkat desa di Sragen tercatat sudah mencapai 160 desa.

Dari jumlah itu, total ada 314 kekosongan formasi yang akan diperebutkan melalui proses seleksi dengan pihak ketiga.

Data itu terekam di Bagian Pemerintahan Setda Sragen. Kabag Pemerintahan Desa yang barusaja dilantik jadi Kepala Disnakkan, Rina Wijaya sebelumnya mengatakan hingga tanggal 7 Oktober 2021, sudah ada 160 desa yang mengajukan izin menggelar mutasi Perdes.

Baca Juga :  Kronologi Penangkapan Pelaku Pencurian Dinamo Pompa Air Petani di Sragen Oleh Tim Macan Putih Satreskrim Polres Sragen, Pelaku Sudah 18 Kali Melakukan Aksi di Wilayah Sragen dan Karanganyar

Dari jumlah itu, kekosongan formasi yang dibuka ada 314. Meliputi sekretaris desa, Kadus hingga kasi perencanaan.

“Tapi jumlah itu masih bisa bertambah, karena datanya bisa berkembang,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (7/10/2021)..

Dari 160 desa yang mendapat izin mutasi itu, sebagian sudah selesai dan sebagian lainnya masih melangsungkan tahapan.

Untuk pihak ketiga yang digandeng sebagai penyelenggara seleksi, diserahkan ke pihak desa. Rina menyebut ada 11 lembaga akademik yang bekerjasama dengan Pemkab dan bisa dipilih.

Baca Juga :  YBM BRILiaN Dukung Masjid Raya Al Falah Sragen Sebagai Sentral Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dan Peduli Ketahanan Pangan Dengan Hadirkan Program Budidaya Lele Bioflok

Berdasarkan data, 160 desa itu memilih kerjasama dengan lembaga berbeda-beda. Ada Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Uniba dan lainnya.

“Ada juga yang sudah selesai mutasinya dan bahkan Perdes terpilihnya sudah dilantik. Seperti di Desa Ngandul dan Pagak Sumberlawang. Lalu ada lagi di Karangmalang,” katanya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com