JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Apes, Jagung Habis, Hama Tikus Ganti Serang Buah-buahan Warga Wonosamodro Boyolali

Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ulah dan serangan hama tikus kali ini benar-benar membuat petani di kawasan Kecamatan Wonosamodro makin pusing tujuh keliling.

Bahkan, usai panen jagung, serangan tikus tetap tidak juga mereda. Bahkan, kini ganti menyerang tanaman buah milik warga.

“Upaya petani dan relawan melakukan pembasmian hama tikus ternyata belum maksimal,” kata Camat Wonosamodro, Joko Suseno, Jumat (15/10/2021).

Dijelaskan, kawasan Wonosamodro yang merupakan wilayah pemekaran dari Kecamatan Wonosegoro adalah kawasan pertanian tadah hujan.

Maka para petani lebih mengandalkan palawija, utamanya jagung. Ternyata, tanaman jagung tak luput dari serangan hama tikus.

Baca Juga :  Angkut 20 Penumpang, Bus Rosalia Indah yang Dimudikan Warga Giriwoyo Wonogiri Terbakar di Jalan Tol Boyolali-Semarang

“Hama tikus memakan tongkol jagung muda hingga tak bisa dipanen. Bahkan, batang tanaman pun juga ikut dirusak,” ceritanya.

Berbagai upaya pembasmian telah dilakukan. Baik dengan pemasangan umpan beracun, pengemposan hingga gropyokan yang melibatkan petani, TNI/Polri, jajaran terkait dan relawan.

Bahkan, gropyokan juga dilakukan pada malam hari.

“Hasilnya luar biasa. Ratusan ekor tikus berhasil dibasmi setiap kali gropyokan.”

Setelah panen jagung usai, petani pun berharap hama tikus pun berangsur menghilang. Namun, harapan itu ternyata meleset. Pasalnya, tikus tetap bertahan di areal ladang dan kebun milik warga.

Baca Juga :  Tak Seperti Panen Sebelumnya, Kini Petani harus Jual Padi dengan Harga Separohnya

“Setelah jagung habis, hama tikus beralih menyerang tanaman buah- buahan di ladang maupun kebun.”

Tanaman buah pisang maupun buah lain seperti jambu dan mangga menjadi sasaran utama. Bahkan, buah pisang muda pun juga diserang. Padahal, buah pisang menjadi andalan petani di Kecamatan Wonosamodro.

“Ratusan tandan pisang dikirim ke lain daerah setiap hari pasaran pon. Kami khawatir kalau serangan tikus terus terjadi, maka panen pisang bisa terganggu,” tutupnya.  Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com