JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Keraton Solo Kembali Akan Direvitalisasi dengan Dana dari Pusat

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Diana Kusumastuti, saat mengunjungi Keraton Surakarta, Kamis (7/10/2021). Foto: Triawati
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Keraton Kasunanan Surakarta akan segera direvitalisasi. Hal itu diketahui usai mendapatkan kunjungan dari Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Diana Kusumastuti, Kamis (7/10/2021).

Namun demikian, bagian mana saja yang akan direvitalisasi hingga anggaran yang disediakan untuk revitalisasi belum dipastikan. Pasalnya, kedatangan Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR kali ini merupakan pertama kalinya untuk menjajaki dan mengetahui bagian mana saja dari Keraton yang membutuhkan untuk direvitalisasi segera.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

“Ya revitalisasi, sesuai arahan dari sinuhun. Nanti bertahap, saya sih inginnya secepatnya dilakukan revitalisasi. Karena yang rusak cukup banyak,” ujar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Gibran, bagian yang paling mendesak dari bangunan Keraton Kasunanan Surakarta yang harus segera direvitalisasi adalah bagian yang paling terlihat. Seperti misalnya mulai dari kawasan Gladak, hingga alun-alun.

“Anggarannya nanti dari pusat, tapi belum ada perkiraan,” imbuh Gibran.

Baca Juga :  Terlanjur Malu Jadi Motif Penipuan Catering di Solo dengan Kerugian Hampir Rp 1 Miliar

Di sisi lain, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Diana Kusumastuti mengungkapkan, kunjungannya kaki ini ke Keraton Kasunanan Surakarta adalah untuk melihat kondisi keraton saat ini.

“Melihat dulu kira-kira yang rusak seperti apa. Yang namanya bangunan tua dan lama kan pasti banyak yang rusak. Ini bukan bangunan biasa lho, ini cagar budaya. Kita nanti koordinasi dengan Pak Wali dan pihak keraton juga,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com