JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Prodi IPA FKIP UNS Gelar Workshop Bertajuk Penjaminan Mutu dan Peningkatan Kualitas Program Merdeka Kampus Belajar

Program Studi S-1 Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan workshop dengan tema “Penjaminan Mutu dan Peningkatan Kualitas Program Merdeka Kampus Belajar (MBKM). Workshop ini dilakukan pada hari Sabtu, (2/10/2021). Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS — Program Studi S-1 Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan workshop dengan tema “Penjaminan Mutu dan Peningkatan Kualitas Program Merdeka Kampus Belajar (MBKM). Workshop ini dilakukan pada hari Sabtu, (2/10/2021).

Acara yang dilakukan melalui zoom meeting ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Kepala Program Studi (Kaprodi) Program Internasional Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Dr. Eka Cahya Prima dan Kepala Sekolah SMPN 27 Surakarta, Endang Puji Rahayu, M.Pd, sebagai sekolah mitra Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNS.

Acara ini disambut antusias yang cukup baik. Terbukti peserta yang bergabung dalam zoom meeting berjumlah 75 orang. 75 orang yang tergabung tersebut adalah sekolah mitra MBOM, guru pamong, dan sekolah penerima praktik pengajaran mahasiswa.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. Slamet Subiyantoro selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP. Ia menyatakan bahwa penyelenggara kegiatan MBKM ini adalah pemerintah (Kemendikbudristek).

“Kegiatan MBKM atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan program yang dipaksanakan pemerintah (Kemdikbudristek)”, ujar Prof. Slamet dikutip dari fkip.uns.ac.id, Senin, (11/10/2021).

Pelaksanaan MBKM tahun ini terasa lebih istimewa dikarenakan mitra yang terlibat dalam kegiatan ini lebih banyak dari tahun sebelumnya serta program yang dilaksanakan juga lebih beragam. MBKM merupakan program yang diluncurkan pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Prof. Slamet juga menambahkan bahwa Program Studi S1 Pendidikan IPA merupakan salah satu prodi yang juga melaksanakan program MBKM. Program yang sudah berlangsung adalah Magang K3, Penelitian, dan Membangun Desa, sedangkan MBKM yang sedang berlangsung adalah Wirausaha, Asistensi Mengajar, dan Magang.

Dana pelaksanaan program tersebut merupakan dana hibah dari Universitas Sebelas Maret sebagai upaya untuk memudahkan mahasiswa dalam melaksanakan program tersebut. Pelaksanaan MBKM tahun ini terasa lebih istimewa dikarenakan mitra yang terlibat dalam kegiatan ini lebih banyak dari tahun sebelumnya serta program yang dilaksanakan juga lebih beragam.

Setelah pemaparan oleh Prof. Slamet, kegiatan ini dilanjutkan pemaparan materi oleh narasumber yakni Dr. Eka Cahya Prima, S. P.d. Beliau menjelaskan bahwa workshop ini diadakan selain untuk menjamin mutu pelaksanaan MBKM bersama dengan mitra-mitra program studi, juga dilakukan untuk mendukung rencana prodi S-1 Pendidikan IPA mendaftarkan diri di lembaga akreditasi internasional beberapa tahun ke depan.

Dr. Eka Cahya Prima, S.Pd. lebih menitikberatkan pembahasan mengenai persiapan yang harus dilakukan untuk meregistrasikan diri di lembaga akreditasi internasional dari berbagai aspek termasuk dari segala standar pendididikan tinggi.

Sedangkan Endang Puji Rahayu, M.Pd selaku narasumber kedua, lebih menitikberatkan pada profil guru yang dibutuhkan oleh sekolah dalam masa-masa pandemi maupun masa yang akan datang. Perlu ada beberapa bagian dari kurikulum untuk disempurnakan, serta ide-ide kreatif yang datang dari mahasiswa guna diterapkan dalam pembelajaran dan penelitian praktik mengajar. Inasya Salma Nabila

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com