JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Rhustavito, Pebulutangkis Sukoharjo Ini Dua Kali Jadi Penentu Nasib Tim Piala Thomas Indonesia 2020. Selamatkan Squad Garuda dari Grup Paling Panas!

Shesar Hiren Rhustavito, pebulutangkis asal Sukoharjo yang tampil apik di sepanjang penyisihan Grup A Piala Thomas 2020. Foto: BWF

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tim Putra Indonesia di Piala Thomas 2020 berhasil memetik hasil memuaskan di babak penyisihan grup A. Squad Indonesia berhasil keluar sebagai juara Grup A setelah melibas Taiwan dengan skor besar 3-2. Indonesia dikukuhkan sebagai pemimpin klasemen berkat kemenangan yang diboyong Shesar Hiren Rhustavito.

Vito tampil cemerlang saat bertanding di partai terakhir melawan Chi Yu Jen. Tunggal putra Taiwan itu dikalahkan Vito dengan skor akhir 16-21, 21-16, dan 21-19.

Duel ketat itu bergulir di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, pada Rabu (13/10/2021) malam. Kemenangan pebulutangkis kelahiran Sukoharjo ini membawa Indonesia menyegel kemenangan atas Taiwan sekaligus menjadi juara Grup A Piala Thomas 2020.

Tim Thomas Indonesia sendiri berada di Grup A bersama Thailand, Taiwan dan Aljazair. Hasil manis dipegang setelah Indonesia mengalahkan Aljazair 5-0, Thailand 3-2, hingga yang terbaru Taiwan dengan skor besar 3-2.

Baca Juga :  Tuntaskan Dendam, Kevin/Marcus Akhirnya Juara Indonesia Open 2021. Greysia/Apriyani Takluk dari Ganda Putri Jepang

Penampilan Vito patut menjadi sorotan karena atlet asli Kabupaten Sukoharjo ini selalu tampil apik saat bermain di partai penentuan nasib. Dapat dibilang bahwa Grup A merupakan grup ‘neraka’ di Piala Thomas 2020.

Semua tim dibawahnya harus mengarungi persaingan ketat demi lolos dari grup panas ini terutama bagi Indonesia, Thailand, dan Taiwan. Semua squad itu berebut tiket menuju perempat final yang hanya diberikan kepada juara dan runner up grup saja.

Menjadi tunggal putra ketiga di partai terakhir, Vito telah dua kali memenangkan laga yang sangat menentukan nasib Indonesia saat melawan Thailand dan Taiwan.

Pemain berusia 27 tahun itu memperpanjang nafas Squad Garuda saat mengalahkan tunggal putra Negeri Gajah Putih, Adulrach Namkul dengan 23-21, 10-21, dan 21-8. Kemenangan Vito itu membawa Indonesia unggul 3-2 atas Thailand pada laga hari Senin (11/10/2021) malam.

Baca Juga :  Temukan Penawar, Marcus/Kevin Akhirnya Mampu Kalahkan Lee Yang/Wang Chi Lin di Laga Pembuka BWF World Tour Finals 2021

Tak berhenti di situ, Vito kembali dipercaya turun sebagai tunggal putra ketiga di laga puncak penyisihan grup A di mana Indonesia melawan Taiwan.

Kedudukan sempat berimbang 2-2 saat duet anyar Mohammad Ahsan/Daniel Marthin dikalahkan ganda putra Taiwan. Racikan baru antara The Daddies dengan The Babies ini harus mengakui keunggulan Lu Ching Yao/Yang Po Han dengan skor amat tipis 20-22, 21-17, dan 21-23.

Penampilan Vito di partai terakhir kembali menjadi penentu perjalanan Indonesia. Duel alot mampu dituntaskannya melalui skor akhir 16-21, 21-16, dan 21-19 melawan senjata terakhir dari Taiwan, Chi Yu Jen.

Berhasil melewati lika-liku di penyisihan grup, performa Vito perlu diacungi jempol. Berkatnya, Indonesia mendapatkan tiket perempat final dan memantaskan diri menjadi juara Grup A Piala Thomas 2020. Linda Andini Trisnawati 

Bagi Halaman