JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tahun Depan Target Cukai Rokok Naik Rp 20 T. Siap-siap, Harga Rokok Bakal Naik

Ilustrasi cukai rokok / republika

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah melaui Kementrian Keuangan memasang target penerimaan cukai hasil tembakau (CHT) tahun 2022 mencapai Rp 193 triliun. Angka itu naik Rp 20 triliun dari tahun 2021.

Demikian disampaikan aalis Kebijakan di Pusat kebijakan Pendapatan Negara Kementerian Keuangan, Sarno pada Kamis (21/10/2021).

“Tahun depan kita ditargetkan naik hampir Rp 20 triliun, dari Rp 173 triliun tahun 2021 ini dinaikan mencapai hampir Rp 193 triliun tahun 2022,” ujarnya.

Baca Juga :  Penyerangan KKB di Papua, Seorang TNI Tewas, 2 Terluka Dievakuasi dengan Helikopter

Naiknya target penerimaan cukai hasil tembakau mengindikasikan pemerintah akan kembali menaikkan tarif cukai rokok pada 2022 untuk memenuhi target.

Sarno menyampaikan, bahwa pihaknya akan membuat simulasi kenaikan tarif cukai rokok untuk menghitung persentase kenaikan tarif yang dibutuhkan untuk mencapai target yang ditetapkan.

Baca Juga :  24 Desember - 2 Januari PPKM Level 3 Diterapkan Serentak, Pemerintah Diminta Waspadai Mobilitas Sebelum Itu

“Berdasarkan kesepakatan komisi XI ditargetkan penerimaan CHT naik, dan inikan mau tidak mau harus kita antisipasi bagaiamana supaya mencapai target. Karena meski yang menjadi fokus utama terkait cukai adalah pengendalian konsumsi, tapi penerimaan negara tidak bisa kita abaikan juga,” lanjut Sarno seperti dilansir dari Republika.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua