JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terungkap Penyebab 15 Desa di Wonogiri dengan Capaian Vaksinasi di Bawah 75 Persen, Diduga Soal Metode Pendataan

Vaksin untuk pelajar
Pelajar di Wonogiri mulai menerima vaksin COVID-19. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Secara umum capaian vaksinasi COVID-19 di Wonogiri sampai saat ini sudah lebih dari 82 persen. Capaian ini terus bergerak naik mengingat masih dilakukan percepatan vaksinasi di semua kecamatan.

Namun demikian hingga kini masih ada desa/kelurahan dengan capaian vaksinasi di bawah 75 persen. Tidak banyak desa/kelurahan dengan kategori tersebut. Menurut catatan Pemkab Wonogiri paling banyak sekitar 15 desa. Untuk diketahui ada 294 desa/kelurahan di Kota Gaplek.

Sekitar 15 desa dengan capaian kurang dari 75 persen itu tersebar di sejumlah kecamatan. Antara lain Kecamatan Girimarto, Ngadirojo, Puhpelem, Pracimantoro, dan Giritontro. Di antara desa/kelurahan itu ada yang capaiannya berkisar di 72-74 persen.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo mengaku akan segera melakukan pengecekan ke sejumlah daerah yang capaiannya belum 75 persen. Pengecekan dilakukan mulai hari ini, Selasa (19/10/2021).

Baca Juga :  Operasi Ketupat Candi 2024 Selesai, Hasilnya?

“Akan kita evaluasi, saya akan klarifikasi langsung apa yang menjadi kendala, kenapa masih di bawah 75 persen. Apa cara membaca datanya belum jelas, atau pelaporannya,” jelas Bupati.

Atas dasar itu, ia juga akan mengundang sejumlah pihak yang bersangkutan, seperti Camat, Lurah, Kepala Desa dan Puskesmas di wilayah, terkait capaian vaksinasi. Bupati juga menekankan bahwa akan segera mencari kendala yang paling mendasar untuk segera disiapkan solusinya.

Jekek, sapaan akrabnya memprediksi bahwa capaian yang belum di angka 75 persen itu dimungkinkan karena soal pendataan. Pasalnya, banyak warga Wonogiri yang mengadu nasib di kota orang. Tak hanya itu dimungkinkan juga ada warga yang memiliki komorbid sehingga belum bisa divaksin ataupun terjadi peristiwa kependudukan lainnya, seperti meninggal dunia.

Baca Juga :  Halalbihalal dan Sambut Semangat Baru Menuju Satuan Pendidikan yang Membahana

“Target kami akhir bulan ini selesai 100 persen. Prediksi kami hanya metode pendataan, kalau antusiasme masyarakat sangat tinggi. Tapi dibandingkan jumlah 294 desa/kelurahan, (desa/kelurahan dengan capaian di bawah 75 persen) ini termasuk kecil,” tegas Jekek.

Terpisah, Camat Girimarto Rujito mengamini bahwa capaian vaksinasi di wilayahnya ada sebanyak 6 desa yang belum 75 persen, itu data per Sabtu (16/10/2021). Saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi dan validasi data dengan desa, ada sebagian sudah vaksin tapi belum terdata di desa. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com