JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Catat! Inilah Nomor Chatbot WhatsApp PeduliLindungi, Solusi Kemenkes Atasi Aduan Masyarakat dari Versi Aplikasi

“Oleh karena itu Kemenkes mencoba menghadirkan layanan chatbot untuk mengatasi permasalahan terkait sertifikat, status vaksinasi, dan perbaikan informasi diri,” sebut Kunta dilansir dari tempo.co pada Kamis (11/11/2021)

Mudah saja, chatbot ini bisa dijangkau ketika menghubungi WhatsApp Kemenkes RI yang bernomor 0811 1050 0567. Sebelumnya, nomor ini juga digunakan untuk membantu masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.

Untuk kebutuhan verifikasi, masyarakat dapat memasukkan kode OTP pada nomor telepon yang terdapat di aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga :  Tips Menyimpan Pisang Agar Bisa Tahan Lama

Setelah chatbot memunculkan balasan “menu”, masyarakat dapat memulai pengaduannya. Tiga konsep utama adalah pengaduan permasalahan saat mengunduh sertifikat vaksin, status vaksinasi, dan perubahan informasi data diri. Kemenkes bahkan menjanjikan layanan chatbot WhatsApp terbaru ini dapat diakses 24 jam setiap harinya.

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan, Setiaji mengatakan, persoalan seperti data informasi diri yang tidak benar bisa diselesaikan setidaknya dalam waktu satu jam.

Baca Juga :  Keluar Air Mata Saat Mengiris Bawang Merah? Ini Penyebanya

“Jadi saat Anda mendapat konfirmasi dari chatbot tersebut, saat itu juga sistem PeduliLindungi melakukan perubahan. Kecuali terdapat permasalahan seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan) terpakai, itu beda lagi,” jelas Setiaji.

Dengan adanya pembaharuan ini, respon pengaduan masyarakat dapat lebih cepat. Selain itu, Kemenkes juga menjamin keamanan agar data dan privasi pengguna tetap terjaga. Linda Andini Trisnawati

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua