JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Cetak Sejarah, MTsN 4 Sragen Jadi Madrasah Pertama yang Raih Juara Adiwiyata dan Inovasi LH. Kasek Sumanto Beber Kunci Rahasianya!

Kepala.MTsN 4 Sragen, Sumanto (paling kiri) usai menerima penghargaan juara pertama Adiwiyata tingkat Kabupaten Sragen tahun 2021, di gedung SMS Sragen, Selasa (30/11/2021). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM MTsN 4 Sragen mencetak sejarah dengan menjuarai Lomba Adiwiyata tingkat Kabupaten Sragen tahun 2021.

Keberhasilan itu mencatatkan MTsN di Plupuh itu menjadi madrasah Tsanawiyah pertama yang bisa merengkuh juara di antara ratusan sekolah berbagai jenjang di Sragen.

Kepala MTsN 4 Sragen, Sumanto pun membeber rahasia dibalik kesuksesan sekolahnya menyabet juara pertama Adiwiyata dan juara 2 Inovasi LH tersebut.

“Kuncinya kami selalu berupaya menggerakkan semua lini di sekolah untuk bersama-sama menanamkan rasa cinta dan bangga dengan sekolah. Dari situ semua akhirnya punya rasa tanggungjawab untuk menjaga dan memberikan yang terbaik untuk sekolah. Termasuk di Adiwiyata ini,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , usai menerima.penghargaan Adiwiyata dari bupati di Gedung SMS Sragen, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga :  Final Meriah, Tim Voli Doa Ayah dan Eka Roke New Kemukus Sukses Juara Turnamen Candirejo Cup I. Pak Prapta Berharap Bisa Terus Berkelanjutan

Menurutnya, selama ini sekolahnya memang merintis berbagai program terkait dengan aspek lingkungan.

Upaya gencar menanam tanaman di lingkungan sekolah membuat jumlah tanaman heterogen dan homogen bisa memenuhi target yang dicanangkan dinas lingkungan hidup (DLH).

Baca Juga :  Miris, 23 SMP Negeri di Sragen Kekurangan Siswa. Ada 5 Berlabel SMPN Nomor 1

Program inovatif untuk mengolah hasil tanaman menjadi produk olahan baik makanan camilan maupun minuman, juga menjadi nilai tambah tersendiri.

Kemudian budaya memilah sampah selama ini sudah ditanamkan ke semua warga sekolah.

“Kami juga melibatkan siswa untuk mengolah sampah menjadi produk pupuk baik padat maupun cair yang bisa dimanfaatkan dan dijual ke masyarakat. Meski memang belum begitu maksimal,” terangnya.

Para kepala sekolah pemenang lomba Adiwiyata Kabupaten Sragen saat berpose bersama Bupati Sragen, Selasa (30/11/2021). Foto/Wardoyo
Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua