JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Dampak Taliban Berkuasa, 5.000 Warga Afghanista Hengkang ke Iran Setiap Hari

Para pengungsi dari Afghanistan / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Peralihan kekuasaan di Afghanistan ke tangan Taliban, ternyata masih berbuntut panjang bagi rakyat di sana.

Banyak warga yang pilih hengkang dari negara tersebut. Tercatat, sekitar 4.000-5.000 warga Afghanistan telah menyeberang ke Iran setiap hari sejak Taliban merebut Kabul pada Agustus.

Sementara ratusan ribu warga lainnya diperkirakan akan tiba pada musim dingin mendatang. Demikian catatan dari badan bantuan kemanusiaan Norwegian Refugee Council (NRC) pada Rabu (10/11/2021).

Baca Juga :  Pandemi Baru Saja Melandai, Muncul Varian Baru, Omicron. Ditemui di Inggris, Jerman dan Italia

Kelompok bantuan itu mengatakan, sebanyak 300.000 warga Afghanistan telah melintasi perbatasan sejak kemenangan Taliban dan menyerukan lebih banyak dukungan internasional untuk Iran, yang sedang bergulat dengan krisis ekonomi yang dalam.

“Iran tidak dapat diharapkan menjadi tuan rumah begitu banyak warga Afghanistan dengan begitu sedikit dukungan dari masyarakat internasional,” kata Sekretaris Jenderal NRC Jan Egeland, Reuters melaporkan, 10 November 2021.

Baca Juga :  Covid-19 Varian Baru dari Afrika Selatan Bisa Punya 30 Mutasi

“Harus ada peningkatan bantuan segera, baik di dalam Afghanistan maupun di negara-negara tetangga seperti Iran, sebelum musim dingin yang mematikan.”

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua