JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Diyakini Mampu Selesaikan Masalah, Tol Semarang-Demak Seksi II Ditargetkan Rampung di Hari Sumpah Pemuda 2022

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan) saat meninjau proyek pembangunan tol Semarang-Demak seksi II, Jumat (26/11/2021). Foto: Pemprov Jateng

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Proyek tol Semarang-Demak seksi II terus digenjot pembangunannya. Komisaris Utama PT Pembangunan Perumahan (PP), Andi Gani Nena Wea menyebutkan, jalan tol dari Sayung sampai Demak sepanjang 16,31 km itu akan selesai pada 28 Oktober 22 mendatang, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Perkembangan proyek tersebut disampaikan Andi kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Lokasi proyek di Desa Loireng Kecamatan Sayung, Demak menerima kedatangan Ganjar dalam rangka pengecekan progres, Jumat (26/11/2021)

“Kita targetkan seksi dua selesai 28 Oktober 2022, Pak, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Ini akan mempercepat dua bulan dari target awal yang rencananya selesai pada Desember 2022,” lapor Andi kepada Ganjar, dilansir dari laman jatengprov.go.id.

Baca Juga :  Potensi Pelanggaran Isi Siaran di Jateng Masih Tinggi Sepanjang 2021. Perlu Penyempurnaan Regulasi

Andi menjelaskan, pembangunan tol Semarang-Demak memiliki dua seksi pengerjaan. Seksi pertama yakni ruas Kaligawe sampai Sayung dengan panjang 10,39 km. Proyek seksi pertama ini baru mulai dikelola secara intens.

Sementara itu, seksi II ruas Sayung-Demak, yang telah dicek Ganjar, sudah digarap lebih awal dan capaian progres sampai saat ini sudah 58 persen. Secara keseluruhan, kedua seksi Tol Semarang-Demak ditargetkan selesai pada 2024 mendatang.

Baca Juga :  Marwan Jafar : Inilah Peran Strategis BUMN untuk Pemberdayaan Umat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Andi turut melaporkan, paket kedua memiliki nilai proyek sebesar Rp5,7 triliun. Jalur yang melewati rawa-rawa menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan yang cukup rumit tersebut.

“Kami gunakan teknik terbaru agar kualitas tol terjamin dan aman digunakan ke depannya. Jadi tidak hanya 10-20 tahun, tapi bisa digunakan dalam waktu cukup panjang,” ujarnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua