JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jelang Diresmikan Progres Pembangunan Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri Capai 90 Persen, Tinggal Finishing Bagian ini

Tampungan air
Prosesi pengisian tampungan air Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri rencananya diresmikan Presiden Jokowi pada 21 Desember 2021. Lantas bagaimana persiapannya, sampai dimana progres pembangunan bendungan tersebut sampai saat ini?

Nur Eko, Project Manager Waduk Pidekso PT PP mengatakan sesuai rencana awal peresmian dilaksanakan menjelang akhir tahun ini. Namun demikian pihaknya masih melakukan pembangunan pada sejumlah bagian bendungan.

“Progres fisik pembangunan saat ini mencapai 90 persen. Pekerjaan di tubuh bendungan tinggal membangun fasilitas umum, lampu, dan lainnya,” beber Eko, baru-baru ini.

Namun dipastikan, Waduk Pidekso siap diresmikan. Saat ini juga tengah proses pengisian air di tampungan bendungan.

“Ketika waduk selesai, masyarakat diharapkan bisa langsung menikmati hasilnya seperti air baku, irigasi, pengendali banjir, atau pariwisata,” jelas dia.

Khusus pariwisata, saat ini juga dibangun jalan lingkar atau relokasi
agar warga bisa mengakses melingkari waduk dan tembus ke jalan besar. Di pinggir jalan lingkar bisa dijadikan kawasan wisata. Masyarakat bisa meraih penghasilan dengan berdagang dan hal lain di sekitarnya.

Baca Juga :  Ini Arahan Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto Kepada Anggotanya Menyusul Kasus Oknum Polisi yang Picu Gadis Manis Bunuh Diri

Di jalan lingkar nanti juga dibangun green belt. Rencananya akan diberikan gratis 5.000 bibit tanaman. Kelak tanaman dikelola kelompok masyarakat untuk dinikmati hasilnya oleh masyarakat pula.

Diwartakan sebelumnya, tidak hanya pembangunan badan bendungan, proyek Waduk Pidekso Wonogiri juga menyasar ke pekerjaan lainnya. Di antaranya jalan lingkar atau tepatnya jalan relokasi.

Jalan ini melingkari cakupan air Waduk Pidekso. Terbagi menjadi dua sisi, kanan dan kiri menghubungkan pemukiman warga dengan jalan desa hingga tembus di jalan kabupaten dan provinsi.

Keberadaan jalan relokasi ini sangat vital. Pasalnya menjadi akses warga sekitar waduk dengan jalan yang menghubungkannya. Dengan begitu akses warga tetap bisa lancar kendati telah ada Waduk Pidekso di tengahnya.

Nah jalan inilah yang saat ini tengah dikerjakan. Bahkan pekerjaan tersebut dikebut alias dipercepat dari target awal.

Baca Juga :  APBD Wonogiri 2022 Defisit 98 Miliar, RAPBD Akhirnya Disahkan Jadi Perda APBD

Secara prinsip pekerjaan jalan relokasi dilaksanakan secara paralel dengan prioritas akselerasi pembangunan Waduk Pidekso Wonogiri.

Bahkan sejumlah alat berat disiapkan untuk memperlancar percepatan pengerjaan jalan relokasi. Alat berat itu terdiri dari 10 buah ekskavator, 3 buldozer dan 3 vibro roller (mesin pemadat badan jalan). Alat berat dikerahkan ke sejumlah titik yang berpotensi untuk mendapatkan prioritas percepatan penggarapannya.

“Kami juga mendirikan posko darurat di sekitar lokasi. Ada juga penyediaan kendaraan double cabin, untuk membantu pengangkutan warga yang ingin melintas,” ujar Project Manager PT PP Waduk Pidekso, Nur Eko.

Tujuannya, agar warga yang terisolasi karena genangan air waduk yang makin meninggi, dapat cepat dicarikan solusinya. Juga dilakukan pembangunan jembatan darurat memakai gorong-gorong agar hubungan darat tetap lancar.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua