JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Kabar Gembira, Obat Covid-19 Pfizer Versi Generik Bakal Diproduksi di 95 Negara

Logo Pfizer dengan cetakan 3D diletakkan di dekat obat-obatan dari produsen yang sama dalam ilustrasi ini yang diambil pada 29 September 2021 / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kabar gembira untuk masyarakat dari kalangan menengah ke bawah, karena seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang mulai membaik ini, perusahaan obat Pfizer akan mengizinkan produsen generik memasok pil antivirus eksperimental Covid-19 ke 95 negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Rencana tersebut tertuang melalui perjanjian lisensi dengan kelompok kesehatan masyarakat internasional, Medicines Patens Pool atau MPP.

Perjanjian antara Pfizer dan MPP akan memungkinkan kelompok yang didukung PBB untuk memberikan sub-lisensi kepada produsen obat generik yang memenuhi syarat untuk membuat versi PF-07321332.

Baca Juga :  Covid-19 Varian Baru dari Afrika Selatan Bisa Punya 30 Mutasi

Dalam kesepakatan itu, Pfizer akan menjual pil yang diproduksinya dengan nama merek Paxlovid.

Namun ada sementara pihak yang memandang dengan pesimis, terutama dari badan amal medis Medecins Sans Frontieres atau MSF.

Pasalnya, tak ada China dan Argentina yang merupakan produsen obat mapan, untuk memproduksi obat generik Pfizer tersebut.

“Jika kita benar-benar ingin mengendalikan pandemi, akses ke alat medis Covid-19 perlu dijamin untuk semua orang, di mana saja,” kata Yuanqiong Hu, Penasihat Kebijakan Hukum Senior MSF.

Baca Juga :  Covid-19 Varian Baru dari Afrika Selatan Bisa Punya 30 Mutasi

Obat Covid-19 buatan Pfizer, sama seperti vaksinnya, diklaim mampu mengurangi kemungkinan rawat inap atau kematian untuk orang dewasa yang berisiko penyakit parah sebesar 89 persen dalam uji klinisnya. Obat ini akan dikombinasikan dengan ritonavir, obat HIV yang sudah tersedia secara umum.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua