JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kenapa Terjadi Banjir di Tameng Kelurahan Girikikis Kecamatan Giriwoyo Wonogiri, Padahal Infonya Luweng Sudah Berfungsi Normal

Banjir luweng
Genangan air di Lingkungan Tameng Kelurahan Girikikis Kecamatan Giriwoyo Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Luweng atau sumur vertikal di dalam tanah sebagai drainase alami di Lingkungan Tameng Kelurahan Girikikis Kecamatan Giriwoyo Wonogiri disebut-sebut sudah berfungsi normal. Namun demikian masih saja terjadi genangan air ketika hujan deras dengan durasi lama mengguyur.

Lantas apa yang sebenarnya terjadi dengan banjir Tameng. Apakah lantaran curah hujan terlalu tinggi atau ada sebab lain?.

Untuk diketahui genangan air sempat merendam Lingkungan Tameng RT 2 RW 1 Kelurahan Girikikis Kecamatan Giriwoyo. Air bahkan memutus akses jalan hingga membuat warga terisolir.

Baca Juga :  Warga Wonogiri Jangan Mudik Saat Natal Tahun Baru, Silaturahmi Masih Bisa Lewat Online Slur

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Giriwoyo Fuad Wahyu Pratama mengatakan, luweng yang ada di sekitar Tameng sudah bisa berfungsi. Namun karena wilayah itu adalah cekungan, maka aliran air dari daerah sekitarnya menuju ke area tersebut. Buktinya, air lebih cepat surut dibandingkan banjir sebelumnya.

“Biasanya kalau daerah yang di atashujan, warga sana mengabarkan situasi ke warga Girikikis, termasuk perangkatnya,” kata Fuad, Selasa (16/11/2021).

Saat ini sejumlah warga di Lingkungan Tameng bersiaga kembali usai luweng tak mampu menyedot seluruh aliran air yang mengarah ke area itu. Genangan air memang naik lagi. Tapi tidak sampai seperti beberapa waktu sebelumnya

Baca Juga :  1 Warga Jadi Korban Longsor Cubluk Kelurahan Giritirto Wonogiri, Begini Kronologinya

Genangan air itu sempat merendam sebagian badan jalan setinggi empat belas sentimeter pada Senin pagi. Meski begitu genangan air semakin surut dan warga masih bisa melewati badan jalan itu dan tidak terisolasi.

“Genangan masih berpotensi naik tapi ini masih aman,” kata dia.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua