JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Lah Kok 5 Peraturan Daerah Atau Perda di Wonogiri Akan Dicabut, Apa Penyebabnya?

Wakil Bupati
Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno. Dok. DPRD Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sedikitnya lima Peraturan Daerah (Perda) di Kabupaten Wonogiri bakal dicabut.

Ada beragam penyebab yang mendasari pencabutan tersebut. Di antaranya sudah terbit regulasi lainnya maupun tidak lagi sesuai dengan ketentuan yang ada.

Nah, untuk mencabut lima Perda itu, tidak dilakukan secara asal. Melainkan harus menggunakan regulasi pula. Di saat ini tengah disusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) untuk mencabut lima Perda itu.

Baca Juga :  Catat, ini Lokasi Tes Perangkat Desa di Kecamatan Batuwarno Wonogiri

Lima Perda yang perlu dicabut meliputi Perda Nomor 8 Tahun 2006 tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik, Perda Nomor 9 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten Wonogiri, dan Perda Nomor 1 Tahun 2016 tentang Keuangan Desa. Selanjutnya Perda Nomor 15 Tahun 2016 tentang perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2016 tentang Keuangan Desa, dan Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Aset Desa.

Baca Juga :  Wonogiri Target Entaskan RTLH Pada 2024, Saat ini Jumlah Rumah Tidak Layak Huni Capai 14 Ribu Unit

Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno membeberkan, alasan pencabutan Perda-Perda tersebut. Khusus Perda Nomor 8 Tahun 2006 perlu dicabut karena petunjuk teknis pemberian bantuan keuangan kepada partai politik telah diatur dengan Peraturan Bupati (Perbup). Yakni Perbup Nomor 22 Tahun 2021 tentang Hibah Pemberian Bantuan Keuangan kepada Partai Politik.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua