JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Luhut Bilang, Angka Kematian Akibat Covid-19 Sudah Jauh Menurun, Seperti Sebelum Pandemi

Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM   Tingkat kematian akibat Covid-19 kini sudah menurun tajam dan hampir menyamai sebelum terjadinya pandemi.

Hal itu diungkapkan oleh  Koordinator PPKM Jawa Bali, Luhut Binsar Pandjaitan. Dia menyampaikan laporan yang diterima dari epidemiolog bahwa tingkat kematian akibat Covid-19 di tanah air sangat menurun.

“Jumlah pemakanan itu sudah sama dengan sebelum pandemi,” kata Luhut yang juga Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi ini dalam konferensi pers virtual, Senin ( 8/11/2021).

Data ini, kata dia, dirangkum dari laporan yang ada di rumah sakit hingga tempat pemakaman. “Semua menunjukkan angka yang bagus,” kata dia.

Baca Juga :  Perang Urat Syaraf antar Tim Kuasa Hukum Memanas Jelang Sidang Gugatan Pilpres 2024 di MK

Selain itu, Luhut menyebut Reproduction Rate (Rt) atau rata-rata jumlah kasus baru di Indonesia, Jawa, dan Bali saat ini masih berada di bawah angka 1. Untuk Jawa, Rt berada di level 0,93 dan Bali 0,97. Hal ini, kata dia, menunjukkan terkendalinya penanganan pandemi masih terkendali.

Lalu hari ini, kata Luhut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga memimpin rapat terbatas bersama para menteri. Dalam rapat, Jokowi pun mengingatkan agar semua pihak tetap berhati-hati.

Jokowi pun mengingatkan agar semua orang bisa belajar dari kejadian di Eropa, di mana terjadi lonjakan kasus harian akibat lalainya masyarakat menerapkan protokol kesehatan. “Jadi saya ndak bosan-bosannya sampaikan, masalah protokol kesehatan ini, dan kehati-hatian kita harus sangat tinggi,” kata dia.

Baca Juga :  Yusril Nilai Permintaan untuk Mendiskualifikasi Gibran dalam Pilpres Terlambat

Sebab, kata Luhut, pemerintah juga memantau masih ada tren kenaikan kasus harian Covid-19 di Jawa Bali. Kenaikan ini terjadi di 43 kabupaten kota, dari 128 kabupaten kota yang ada di Jawa Bali.

Kenaikan tren kasus ini terjadi dalam seminggu terakhir. “Kami akan kumpulkan 43 ini untuk segera mengidentifikasi dan melakukan intervensi demi menahan tren kenaikan ini,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com