JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Membanggakan! Olivia Firdaus, Mahasiswa FMIPA UNS Berhasil Menjadi Putri Solo 2021

Sosok Olivia yang dinobatkan sebagai Putri Solo. Sumber: instragram: @putraputrisolo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kabar membanggakan datang dari salah satu mahasiswi UNS bernama Olivia Firdaus. Mahasiswi yang menempuh pendidikan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Program Studi (Prodi) Ilmu Lingkungan terpilih menjadi Putri Solo dalam ajang Pemilihan Putra Putri Solo (PPS) 2021. Acara yang sangat besar ini digelar secara hydrid di Open Stage Taman Balekambang akhir pekan lalu, Sabtu malam (13/11/2021).

Wanita cantik ini dipanggil akrab dengan nama Olivia. Ia merupakan perwakilan dari Jebres. Walaupun usianya baru menginjak 20 tahun, ia sangat mempunyai tekad yang tinggi untuk mengikuti ajang bergengsi PPS 2021 ini. Menurutnya, ajang ini sudah didambakannya sejak dahulu.

Kepada tim Dewan Juri, mahasiswa semester V ini mengungkapkan keinginannya untuk mendorong semangat anak muda dalam melestarikan Budaya Jawa.

“Saya ingin berkontribusi nyata dalam pengembangan seni, budaya, dan kepariwisataan di Kota Solo,” ujarnya.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Hari Ini Kamis, 25 November 2021: Magelang Hujan Lebat, Solo Raya Hujan Ringan - Sedang!

Awal mulanya, Olivia mengaku bahwa keinginan untuk mengikuti penganugerahan tersebut karena terinspirasi dari slogan Kota Solo yang berbunyi Solo the Spirit of Java. Menurut Olivia, slogan tersebut tidak smebarang slogan karena memiliki makna yang amat bagus. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran untuk melestarikan kekayaan bangsa tersebut.

Potret Olivia saat memenangkan Putri Solo. Sumber: instagram: @putraputrisolo

“Kalau kita yang ada di Solo saja tidak mengerti Budaya Jawa gimana dia bisa berkembang, gimana dia bisa bertahan di tengah era yang seperti ini,” tutur Olivia.

Olivia menceritakan bahwa sebelum ia dinobatkan sebagai pemenang ia harus bersaing dengan 114 peserta lainnya yang sama-sama memiliki potensi hebatnya masing-masing. Setelah itu ada serangkaian tes dilalui tiga tahap, yaitu tahap tes tertulis, tahap wawancara yang meliputi tes public speaking dan minat bakat.

Dalam tahap itu Olivia berhasil menyisihkan 90 peserta. Setelah dinyatakan lolos, Olivia beserta finalis Putri Solo lainnya diwajibkan mengikuti pembekalan sebelum akhirnya unjuk kebolehan di malam Grand Final yang dihadiri langsung oleh Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Hari Ini Jumat, 26 November 2021: Sebagian Wilayah di Jawa Tengah Hujan Ringan, Begitupun Kota Solo dan Magelang!

Ketika masa pembekalan, ia merasa senang selama menjalani kegiatan yang ia jalankan. Ia banyak belajar melalui oembekalan tersebut seperti belajar Budaya Jawa secara lebih dalam lagi. Oleh karena itu, Olivia menyebut sebagai kesempatan yang tidak bisa ia dapatkan lagi karena ia belajar banyak hal terutama Budaya Jawa yang sebelumnya belum pernah ia ketahui.

“Ternyata ada ya budaya seperti ini, tata krama seperti ini itu ada di Jawa. Nah, itu berkesan banget sih buat aku. Bisa tahu banyak tentang budaya-budaya Jawa kemudian tentang pariwisata Solo juga. Jadi lebih enak saja untuk belajar ketika kita berada di circle yang tepat,” jelas Olivia.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua