JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga:  Perguruan Tinggi Harus Mampu Seimbangkan Dinamika Perubahan di Sektor Industri

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Teknologi digital kini semakin berperan sentral untuk menunjang aktivitas masyarakat dan menghubungkan interaksi antar manusia.

Pergeseran uang sering disebut sebagai “Less Contact Economy” itu semakin dipercepat dengan situasi  pandemi Covid-19, yang pada gilirannya  telah mendorong perubahan perilaku masyarakat ke arah yang serba digital.

“Pergeseran perilaku tersebut merupakan peluang untuk akselerasi transformasi digital di berbagai sektor bisnis sehingga dapat berkontribusi positif terhadap percepatan pemulihan ekonomi,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Hal itu dikatakannya ketika Menko Airlangga menyampaikan  keynote speech pada Pentas Inovasi Mahasiswa UKSW 2021 yang mengangkat tema “Berkarakter dan Berdaya Saing” secara virtual, Senin (22/11/2021).

Baca Juga :  Survei Indikator Tempatkan Prabowo Teratas, Disusul Ganjar dan Anies

Penyelenggaraan acara tersebut merupakan rangkaian peringatan Dies Natalis Universitas Kristen Satya Wacana yang ke-65.

Menko Airlangga mengatakan, berbagai studi menyatakan bahwa potensi ekonomi digital Indonesia masih terbuka lebar.

Ke depan, industri berbasis teknologi dan digitalisasi diperkirakan akan menjadi engine of growth baru bagi masyarakat dunia yang tentunya membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) bertalenta dan technopreneur yang berdaya saing.

Hal itu mengindikasikan bahwa pengembangan SDM harus beriringan dengan pengembangan ekonomi digital.

Baca Juga :  Partai Golkar Berduka, Airlangga Minta Kadernya Segera Beri Bantuan Bencana Semeru

Seiring dengan transformasi ekonomi tersebut dan semakin pesatnya perkembangan teknologi digital, menurut Airlangga,  Perguruan Tinggi sebagai penyedia SDM harus mampu menyeimbangkan dinamika perubahan di sektor industri.

“Dan tentunya  juga harus beradaptasi dari segi kurikulum untuk bisa menjawab tantangan pekerjaan ke depan,” ujarnya.

Perguruan Tinggi  disebutnya memiliki peran penting dalam melahirkan generasi muda berkarakter dan berdaya saing tinggi,  yang nantinya akan menjadi game changer di tengah tantangan dan perubahan yang dihadapi masyarakat dunia saat ini.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua