JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Nasi Gandul di Wonogiri, Rasanya Nggandul Antara Gulai Tongseng Soto dan Rawon, ini Buktinya

Nasi gandul
Nasi gandul Pati di Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Menu nasi gandul di Wonogiri memang belum sepopuler kuliner lainnya seperti mie ayam, bakso, soto, atau sate. Pun mencari warung yang menyajikan nasi gandul di Kota Gaplek juga cukup sulit.

Nah, salah satu warung yang secara khusus menyediakan menu khas Pati yakni nasi gandul adalah Warung Mba War. Lokasinya di perumahan Joho Lor Kelurahan Giriwono Kecamatan Wonogiri. Tepatnya di belakangan RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri.

Baca Juga :  Viral, Gadis Asal Wonogiri Jadi Blantik Sapi dan Kambing Sembari Menjalankan Kuliah Online, Netizen Wanita Idaman

Pemilik warung adalah Suparti, warga setempat. Hanya saja dia dan keluarga besarnya asli kelahiran Pati. Sehingga, soal nasi gandul sudah paham seluk beluknya.

“Buka warung sekitar tahun 2018, kemudian sempat tutup. Dan ini mulai buka lagi,” ungkap Suparti saat dijumpai di warung yang menyatu dengan kediamannya, Selasa (23/11/2021).

Bahan baku maupun bumbu untuk meracik nasi gandul dijamin pilihan. Soal resep merupakan rahasia keluarga Suparti.

“Sebagai pelengkap ada kecap yang khusus kami datangkan dari industri di Pati. Jadi bukan kecap pasaran,” beber perempuan yang akrab disapa mba Iis ini.

Baca Juga :  Tragis, Eko Budiono Tewas Usai Ikut Pengajian Haul Habib Ali Solo di Kismantoro Wongoiri. Begini Cerita Lengkapnya

Nasi gandul, jelas dia, merupakan makanan berkuah dengan warna merah kecoklatan. Saat disajikan, nasi dan kuah berserta isinya seperti daging sapi, diletakkan di atas piring beralaskan daun pisang. Plus taburan bawang goreng, dilengkapi tempe goreng atau telur ayam, sambal, dan sejenisnya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua