JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pirografi Lukis Solder Asal Wonogiri, Pelukisnya Multitalenta Bisa Gitar Piawai Jualan Roti Bakar

Lukis solder
Prihanto menunjukkan cara melukis menggunakan solder. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Di Kota Mete Wonogiri tidak banyak seniman yang menggeluti pirografi. Secara singkat pirografi adalah sebuah seni dekorasi dengan media kayu, triplek dan sebagainya.

Dalam seni itu, sebuah gambar dibikin dari hasil pembakaran. Bisa dibilang pirografi adalah lukis bakar.

Nah, di Wonogiri pelukis pirografi menggunakan alat sederhana dari solder. Ya benar-benar solder, alat elektrik pemanas yang biasa digunakan untuk menyambungkan elemen listrik. Makanya dia juga dikenal dengan sebutan si lukis solder.

Sang pelukis ini adalah Prihanto (40). Dia merupakan warga Dusun Bulusari RT 1 RW 3 Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri. Pria itu belajar melukis menggunakan solder lewat tayangan Youtube yang dilihatnya.

Baca Juga :  Daftar Pemenang Lomba Safety Riding Wonogiri, Peserta Antar Klub Motor Digelar Polres Wonogiri, Ada yang Dari WKC Krackes dan JUWOC

Dia sebenarnya hanya seorang pehobi lukis. Pekerjaan utamanya adalah gitaris campursari keliling.

Namun ketika pageblug alias pandemi COVID-19 menghantam dan resepsi pernikahan dengan hiburan dilarang, dia lebih memiliki banyak waktu untuk belajar pirografi. Sekaligus menantang dirinya sendiri untuk bisa berkembang, tak sekedar melukis di kanvas.

“Hobi sejak kecil suka nggambar. Terus belajar pirografi ini. Coba-coba saya tawarkan di medsos ternyata banyak yang minat,” kata dia, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga :  Kondisi Polisi Wonogiri yang Ditabrak Saat Bertugas, ini Luka-luka yang Dialami

Prihanto ternyata juga berjualan roti bakar di sekitar Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Dia lihai membagi waktu antara melukis dan berdagang.

Prihanto memilih triplek sebagai media pirografi. Sebenarnya, bisa saja dia menggunakan kayu. Namun, biaya pembelian kayu lebih mahal dibandingkan triplek. Selain itu, lebih banyak penggemar lukisan pirografi yang tercetak di triplek.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua