JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tak Main-Main, SMK Muda Sragen Gandeng Kerjasama dengan 5 Cabang Nasmoco di Jateng. Peluang Lulusan Bekerja Kian Terbuka

Kepala Bengkel Nasmoco Gombel Semarang, Muhammad Syafrudin Maruf saat didaulat memotong pita yang menandai kerjasama PT Nasmoco dengan SMK Muhammadiyah 2 Sragen (SMK Muda) Sragen, Selasa (14/12/2021). Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM SMK Muhammadiyah 2 Sragen mencatatkan terobosan impresif dengan menggandeng lima cabang perusahaan bengkel otomotif ternama di bawah bendera PT Nasmoco di wilayah Jawa Tengah.

Selain meningkatkan kompetensi siswa, kerjasama itu juga diharapkan kian memperbesar kans lulusan SMK Muda untuk bisa direkrut bekerja di Nasmoco atau perusahaan otomotif lainnya.

Kerjasama itu diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara SMK Muda dengan 5 cabang Nasmoco melalui program Toyota Nasmoco Muhammadiyah Future School Event (TMFSE) di sekolah setempat, Selasa (14/12/2021).

Lima cabang PT Nasmoco yang digandeng adalah Nasmoco Gombel Semarang, Ring Road Kebakkramat, Nasmoco Solo Slamet Riyadi, Nasmoco Solo Baru dan Nasmoco Klaten.

Kepala Bengkel Nasmoco Gombel Semarang, Muhammad Syafrudin Maruf mengatakan kerjasama dengan SMK Muda Sragen adalah yang pertama dilakukan Nasmoco dengan SMK swasta di Sragen.

Melalui kerjasama itu, Nasmoco ingin menularkan budaya industri yang menjadi landasan bagi siswa agar bisa mendisiplinkan diri, berkomitmen dan punya kompetensi.

Sehingga goalnya bisa membantu menciptakan lulusan sekolah yang siap pakai di dunia kerja baik di perusahaan, wirausaha atau melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

“Nanti kami akan mendukung teori dan praktik siswa agar menciptakan teknisi yang profesional di bidang otomotif. Siswa akan diterbitkan surat keterangan bersama antara sekolah dengan Nasmoco. Sertifikat itu memang bukan karpet merah untuk bekerja di Nasmoco, namun setidaknya mereka sudah punya modal skill dan kompetensi dulu. Sehingga ketika kami butuh dan teman-teman lulusan ini memenuhi syarat tentu akan kami rekrut,” paparnya di sela acara.

Baca Juga :  Viral Mobil Rusak Usai Minum Dexlite di Sragen, SPBU: Bukan Abal-abal, Tapi Karena Terkontaminasi Air
Jajaran Dikdasmen Muhammadiyah Sragen, yayasan, sekolah, dan pimpinan 5 cabang bengkel PT Nasmoco saat berpose bersama usai penandatanganan MOU dengan SMK Muda Sragen. Foto/Wardoyo

Ia menyampaikan kerjasama itu merupakan bagian mendekatkan peran Nasmoco dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Dukungan dari pihak sekolah, yayasan dan kesungguhan siswa sangat diharapkan agar kerjasama itu bisa berhasil sesuai tujuan.

Kepala SMK Muda Sragen, Warsino menyampaikan kerjasama itu nantinya akan lebih menyinkronkan kurikulum sekolah dengan dunia usaha dan industri khususnya di Nasmoco.

Antusias siswa juga sangat tinggi yang ditunjukkan dengan keinginan besar mereka untuk mendapat kesempatan melakukan prakerin pertama di Nasmoco Gombel belum lama ini.

“Antusias siswa sangat luar biasa. Kemarin kita coba diminta mengirim perwakilan 12 siswa ke Gombel, para siswa langsung royokan. Akhirnya kita putuskan yang datang lebih awal yang kita berangkatkan,” ujarnya.

Pihaknya sangat berharap kerjasama MoU itu akan makin meningkatkan skill dan kompetensi siswa utamanya di jurusan otomotif.

Sehingga para lulusan memiliki keunggulan yang dibutuhkan industri maupun ketika memutuskan berwirausaha sendiri.

“Untuk kelanjutan MoU ini nanti kita akan coba tiap tahun kan ada prakerin, kita minta kesediaan dari Nasmoco untuk menampung siswa. Kelanjutannya setelah lulusan apakah mereka mau bekerja ke Nasmoco atau tidak terserah siswa, tapi setidaknya sekolah sudah membekali,” jelasnya.

Baca Juga :  Puluhan Warga Geruduk Kantor Desa Pilang Masaran Sragen Tolak Pembangunan Tower, Warga: Ini Masalah Kesehatan Kami
Kepala SMK Muda Sragen, Warsino saat menandatangani MoU dengan PT Nasmoco. Foto/Wardoyo

Bangkitkan Juara Nasional

SMK Muda sendiri memiliki lima jurusan atau program keahlian. Yakni TKRO, Teknik Pplermesinan, TKJ, TBO dan Kelistrikan dengan jumlah siswa mencapai 768 orang.

Kerjasama tersebut juga mendapat apresiasi positif dan dukungan penuh dari anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Jateng IV, Endang Maria Astuti.

Syaiful Hidayat saat memberikan sambutan. Foto/Wardoyo

Dalam pesan yang disampaikan melalui delegasinya, Syaiful Hidayat, Endang siap memperjuangkan alokasi anggaran untuk mendukung program itu baik melalui jalur komisi maupun fraksi.

Sebab kerjasama dengan 5 Cabang Nasmoco itu dipandang sangat penting tidak hanya bagi SMK Muda dan siswanya tapi juga bagi masyarakat Sragen.

“Apalagi SMK Muda ini sudah punya pengalaman juara nasional di jurusan permesinan waktu dipimpin Pak Sauman. Harapan kami dan Bu Endang dengan dibackup Nasmoco, nanti SMK Muda bisa bangkit dan juara nasional lagi. Sehingga SMK Muda ini akan menjadi referensi wali murid menyekolahkan anaknya di sini. Kerjasama dengan dunia industri dan 5 Nasmoco sekaligus ini enggak main-main. Ini bentuk keseriusan sekolah dan penerimaan tulus dari Nasmoco yang menjadi pembeda SMK Muda dengan SMK lainnya,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com