JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tips Berhenti Merokok Tanpa Ribet

Ilustrasi rokok. pexels
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Sejak lama telah diketahui, merokok tidak baik untuk kesehatan, bahkan dapat membahayakan orang-orang di sekitar perokok. Perokok juga membuat lebih cepat mati dibanding orang yang sama sekali tidak pernah merokok.

Kebiasaan merokok memang banyak dilakukan orang masyarakat di Indonesia, dan bagi perokok amatlah susah untuk berhenti meghisap tembakau tersebut.

Nikotin dalam rokok membuat si perokok menjadi kecanduan dan susah untuk tidak merokok lagi. Banyak orang mencoba berhenti merokok tapi sekalu gagal.

Berikut beberapa tips untuk meninggalkan rokok atau berhenti merokok. Anda perlu melakukannya berkali-kali hingga berhasil.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Langkah pertama yang harus diambil adalah putuskan tanggal berhenti merokok kemudian manfaatkan sumber daya yang dapat membantu, mengganti kebiasaan merokok dengan camilan, permen, atau yang lainnya. Kemudian, buatlah rencana tindakan. Salah satu tindakan, Anda bisa meminta dukungan dari orang-orang terdekat.

Langkah selanjutnya buatlah tantangan untuk diri, seperti lebih sering mengunjungi tempat-tempat yang bebas asap rokok, termasuk mal, bioskop, atau museum.

Hiduplah dengan bebas dari asap rokok
Anda harus mengerti arti hidup bebas dari rokok sehingga bisa menyadari penuh kesehatan lebih penting dari apapun. Anda bisa menjadikan itu tujuan dari hidup yang lama dan lebih sehat.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Jangan jadikan hidup bebas dari asap rokok alasan untuk stres. Kebanyakan perokok memakai alasan stres untuk memulai kebiasaan merokoknya lagi. Alih-alih menggunakan nikotin untuk mengatasi stres, Anda harus menggunakan cara lain untuk mengatasinya. Bersikaplah proaktif. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang manajemen stres secara online atau di perpustakaan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com