JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Awas, Mulai Hari Ini Semua Kapolsek di Sragen Diminta Mendata Semua Kegiatan Masyarakat Jelang Natal dan Tahun Baru. Kapolres: Jangan Euforia Berlebihan!

AKBP Yuswanto Ardi. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Polres Sragen memastikan akan memperketat pantauan terhadap semua kegiatan masyarakat selama Natal dan tahun baru.

Hal itu dilakukan untuk mencegah potensi kerumunan masyarakat yang dikhawatirkan memicu gelombang baru penyebaran Covid-19.

Semua Kapolsek juga diminta melakukan pendataan kegiatan masyarakat selama Nataru.

“Mulai dari sekarang para Kapolsek sudah saya perintahkan untuk pendataan acara masyarakat di Natal dan Tahun Baru. Artinya meskipun kegiatan masyarakat itu tidak dibatasi tetapi kita akan ukur tingkat resiko kerawanan penyebaran covid-19,” papar Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi kepada wartawan, Kamis (16/12/2021).

Kapolres menggambarkan jika ada kegiatan masyarakat di gedung yang mengundang kerumuman dan tidak sesuai dengan standar kesehatan, maka akan dilakukan asistensi atau pengawalan dari satgas covid.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Hal itu sebagai bentuk antisipasi agar potensi kerumunan dan ancaman penyebaran covid-19 bisa ditekan.

Terkait hal itu, Polres sudah menyiagakan 660 personel yang akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan dan pengawasan selama Nataru.

Personel itu nantinya akan dibantu dari Kodim, Satpol PP dan organisasi lain. Pengamanan akan dilakukan di pos-pos yang ditempatkan di gereja-gereja pada momen Natal, kemudian di rest area jalan tol hingga pos pelayanan lalu lintas.

“Pos layanan lalu lintas kita ada 6 dan pos gereja ada 9,” imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan Kapolres, pengamanan Nataru kali ini memang meniadakan kegiatan penyekatan jalur.

Meski demikian, mengingat pandemi belum usai, masyarakat tetap diimbau untuk tidak euforia berlebihan dalam menyambut perayaan Tahun Baru.

Baca Juga :  Paguyuban Sahabat Dangkel Bagikan Paket Sembako di Bulan Ramadhan 1445 H Untuk Masyarakat Miskin dan Kurang Mampu Hingga Anak Yatim di Sragen, Kades Purwosuman: Paguyuban Yang Kompak dan Solid Membantu Warga

“Kami tetap akan melakukan pengawasan terhadap kegiatan- kegiatan masyarakat yang berpotensi kerumunan. Jangan euforia berlebihan karena potensi penyebaran Covid-19 masih ada sampai detik ini,” ujarnya.

Kendati vaksinasi di Sragen sudah mencapai 70 persen lebih, risiko penyebaran dan gelombang Covid-19 tak serta merta sirna.

Karenanya selain pengamanan dari aparat, dukungan serta kepatuhan masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan sangat diharapkan.

“Karena virus ini disebarkan oleh manusia dan manusia tidak dilakukan penyekatan saat tahun baru nanti, maka sebaiknya saya menghimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Hindari kerumunan dan harus kita sadari bahwa pandemi ini masih ada,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com