JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Tips Perawatan Mobil Matik Setelah Melakukan Perjalanan Jauh Saat Liburan Natal dan Akhir Tahun

Ilustrasi mobil. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Libur akhir tahun 2021 akan segera tiba, sebagian orang saat ini memilih bepergian dengan kendaraan pribadi. Dan sebagian besar mobil saat ini telah menggunakan transmisi matik. Yang menjadi catatan adalah perlunya perawatan mobil matik khusus seusai bepergian jauh.

Pengecekan dan perawatan mobil matik bahkan bisa dilakukan dengan mudah di rumah tanpa perlu pergi ke bengkel. Melansir Tempo.co, berikut tips perawatan mobil matik setelah digunakan liburan menurut Auto2000:

1. Cek Oli Transmisi
Usai melakukan perjalanan jauh untuk liburan akhir tahun, bagian pertama perawatan mobil matik yang harus dilakukan adalah pengecekan oli transmisi. Bagian ini sebaiknya diperiksa secara berkala untuk memastikan kondisinya tetap baik.

Cara untuk mengecek transmisi mobil matik adalah dengan menyabut dipstick oli transmisi dari posisinya dan bersihkan batang dipstick dengan lap bersih. Setelah itu baca level oli yang tertera pada dipstick.

2. Gunakan Oli Transmisi yang Tepat
Setelah melakukan perjalanan jauh, penggantian oli transmisi sangat krusial. Jangan sampai transmisi mobil diisi dengan oli yang jenisnya torque converter. Pasalnya, setiap mobil dirancang memiliki keunggulan di tiap trasmisi matik.

3. Cek Radiator Mobil Matik
Dalam perawatan mobil matik, bagian radiator jangan sampai luput dari pemeriksaan. Radiator ini berfungsi mendinginkan blok mesin dan punya peran berantai terhadap gearbox matic. Pastikan air radiator mencukupi dan kalau perlu lakukan pengurasan air radiator setelah digunakan untuk perjalanan jauh seperti liburan natal dan tahun baru.

4. Bersihkan Gearbox
Setelah mobil digunakan berlibur, pastikan lakukan pemeriksaan pada gearbox transmisi matik. Untuk memeriksanya, pemilik kendaraan harus melihatnya di kolong mobil karena memang posisi gearbox matik cukup tersembunyi.

Pastikan tidak ada bekas oli yang rembes di gearbox dan setelah itu bersihkan gearbox dengan air dan bisa juga menggunakan sabun colek. Jika sudah dibersihkan, tinggalkan hingga kering dan cek kembali, apabila ada rembesan oli, berarti ada potensi masalah pada bagian transmisi matik mobil.

5. Jaga Perpindahan Gigi
Kerusakan pada transmisi matik bisa disebabkan dari kebiasaan pengendara dalam memposisikan perpindahan gigi. Hindari penggunaan gigi P jika mobil tidak benar-benar dalam kondisi berhenti.

Kemudian jangan gunakan gigi D saat mobil terparkir serta jangan gunakan gigi N pada mobil matik saat jalanan menurun. Cara penggunaan gigi transmisi yang benar juga salah satu perawatan mobil matik.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com