JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Beasiswa KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru di Sragen Dibuka Tiap Tahun. Tersedia Ratusan Kuota, Simak Syarat dan Cara Daftarnya!

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wiludjeng Pramestuti saat memberikan pengarahan di hadapan ratusan mahasiswa baru penerima beasiswa KIP Kuliah asal Sragen di Ndayu Park, Minggu (16/1/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah membuka kesempatan beasiswa bagi lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan kuliah tapi tak punya biaya melalui program KIP Kuliah.

Untuk Sragen, tersedia ratusan kuota bagi calon mahasiswa baru di setiap tahun akademik baru.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wiludjeng Pramestuti mengungkapkan untuk tahun ini ada 1.500 kuota beasiswa KIP Kuliah yang dibuka untuk seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk Sragen pada 2021/2022 tersedia 250 kuota namun hanya terisi 138 saja.

Menurutnya beasiswa KIP Kuliah itu dibuka setiap tahun khusus bagi mahasiswa baru yang berasal dari kalangan ekonomi tidak mampu.

“Tahun ini sebenarnya kuota saya 250 untuk Sragen tapi yang bisa nyantol cuma 138 orang. Sebagian nggak bisa masuk karena ada beberapa kendala. Misalnya data dapodiknya nggak bisa masuk. Ada yang daftar di negeri tapi tidak diterima, ada juga yang dari universitasnya dibatasi kuotanya,” paparnya ditemui di sela kegiatan pengarahan mahasiswa penerima KIP Kuliah di Ndayu Park, Minggu (16/1/2022).

Baca Juga :  Jelang Masa Jabatan Berakhir, Bupati Sragen Gelar Halal Bi Halal dan Mohon Maaf di Sumberlawang dan Miri

Legislator asal PDIP dari Dapil Jateng IV (Sragen, Karanganyar, Wonogiri) itu mengungkapkan beasiswa KIP Kuliah itu diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang benar-benar dari kalangan tidak mampu.

Selain kondisi ekonomi, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti nilai indeks prestasi komulatif (IPK) minimal 3 bagi mereka yang kuliah di swasta dan 3 25 bagi mereka yang kuliah di perguruan tinggi negeri.

Para mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah asal Sragen saat berkumpul untuk mendapat pengarahan dari Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wiludjeng Pramestuti di Ndayu Park Sragen, Minggu (16/1/2022). Foto/Wardoyo

Untuk bisa berlanjut, maka penerima beasiswa harus memenuhi ambang batas minimal IPK yang ditentukan itu.

Jika tidak bisa terpenuhi, maka beasiswanya akan dihentikan pada semester berikutnya dan harus melanjutkan dengan biaya sendiri.

“Kita juga sudah kerjasama dengan beberapa universitas swasta. Ada yang memang tidak membuka kuota untuk beasiswa itu, ada yang memiliki batasan. Tapi secara prinsip sebenarnya beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa baru baik di negeri atau swasta,” urainya.

Baca Juga :  Hujan Deras 4 Jam Sore Tadi, Rumah Warga Desa Jati, Sumberlawang dan Tanon Sragen Terendam Banjir

Bagi mahasiswa baru yang ingin mendaftar bisa mengakses informasi dan pendaftaran melalui saluran informasi yang diunggah di akun Instagram pribadi milik Agustina.

“Alamat pendaftarannya ada di IG saya. Nanti caranya mendaftar memasukkan persyaratan ke email di situ. Karena itu email-nya khusus untuk KIP Kuliah dan dari kementerian ada password khusus untuk mendaftarkan. Jadi nanti yang mendaftar kita tampung semua di email itu baru kita verifikasi mana yang memenuhi persyaratan untuk diajukan,” jelasnya.

Ia berharap ke depan para mahasiswa penerima KIP Kuliah itu bisa memiliki komitmen untuk terus berprestasi.

Mereka juga diharapkan bisa menjadi agen penyemangat bagi pelajar lain di wilayah masing-masing yang ingin mendaftar. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com