JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

FISIP UPN Veteran Yogya dan MSLU Belarus Sepakat Bangun Pusat Budaya dan Bahasa

istimewa
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menandatangani kerja sama dengan Minsk State Linguistic University (MSLU) Belarus, Jumat (14/1/2022) malam.

Kerja sama yang difasilitasi Kedutaan Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus itu  fokus pada pertukaran budaya dan bahasa.

Rektor UPNVY Mohamad Irhas Effendi mengungkapkan Jurusan Hubungan Internasional FISIP akan menjadi unit yang akan menjalankan teknis kerja sama, termasuk menjadi tuan rumah pusat bahasa dan budaya Belarus di Indonesia.

“Program-program kerja sama yang akan dikembangkan di antaranya pertukaran mahasiswa dan dosen, pengembangan dan promosi bahasa kedua negara. Program ini dikembangkan oleh UPN Veteran Yogyakarta dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kemdikbudristek,” ujar  dia, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Dekan FISIP UPNVY, Machya Astuti Dewi ketika dimintai komentarnya mengungkapkan bagi FISIP merja sama  dengan MSLU merupakan kerja sama yang ketiga dengan universitas di Eropa.

Baca Juga :  Unik Siswa-Siswi Dari SMK Citra Medika Buat Busana Nusantara dari Barang Bekas

Sebelumnya, FISIP UPNVY telah menjalankan program kerja sama pertukaran mahasiswa, dosen,  dan seminar bersama dengan MUP di Praha dan TSU di Siberia.

“Kerja sama dengan MSLU unik karena difokuskan pada pengajaran bahasa dan pendirian pusat kebudayaan. Harapannya akan semakin memperkuat saling pengertian antarbudaya yang beda negara. Selain itu memperluas kemampuan berbahasa asing di luar bahasa Inggris yang saat ini semakin dibutuhkan,” papar dia.

Sementara itu Rektor MSLU, Natalja Laptseva menyampaikan kerja sama ini akan menjadi jembatan bagi dosen dan mahasiswa kedua universitas untuk meningkatkan kualitas dan jejaring internasional.

“Serta mengenal lebih dekat berbagai potensi Indonesia melalui kebudayaaan serta pembelajaran Bahasa Indonesia,” ujar dia.

Lebih lanjut diutarakan, nantinya MSLU akan memfasilitasi pendirian pusat bahasa dan budaya Indonesia, pengajaran Bahasa Indonesia dan penyelenggaraan event budaya Indonesia.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Selain itu, pihaknya juga akan memfasilitasi pengajaran bahasa Rusia atau bahasa asing lainnya dan pertukaran budaya Belarus kepada mahasiswa UPNVY.

Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Jose Tavares mengungkapkan kerja sama antara UPNVY dan MSLU diharapkan dapat membantu kedua perguruan tinggi untuk berbagi sumber daya dan keunggulan.

Pelaksanaan penandatanganan kerja sama yang dilaksanakan secara virtual ini dihadiri Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, pejabat diplomat Kedubes Belarus di Jakarta mewakili Duta Besar Republik Belarus untuk RI, Direktur Eropa II Kemenlu RI, perwakilan Dirjen Dikti dan Biro Kerja Sama & Humas Kemendikbudristek RI, serta para Dekan dan jajaran tenaga pengajar kedua universitas. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com