JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Putuskan  “Nusantara” untuk Nama IKN yang Baru, Ini Reaksi dari Berbagai Pihak

Ilustrasi Pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru. [email protected] / liputan6

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memberi nama Ibu kota negara (IKN) yang berada di Kalimantan dengan nama Nusantara

Sebelum itu, soal pemberian nama itu sempat memunculkan perdebatan pada sebagian tokoh dan politikus yang dikenal kritis terhadap Jokowi seperti Rocky Gerung dan Fadli Zon.

Entah hanya sebagai siindiran atau serius, Rocky Gerung sempat mengusulkan nama Jokowikarta sebagai bama IKN yang baru. Sementara Fsdli Zon menyarankan nama Jokowi.

Baca Juga :  Kejagung Larang Terdakwa Gunakan Atribut Keagamaan di Sidang, PBNU: Perlu Ditinjau Ulang

Namun akhirnya, Presiden Jokowi telah memutuskan nama Nusantara untuk IKN yang baru nanti.

Pemilihan nama Nusanara itu  tidak sembarangan,  namun memiliki makna dan alasan yang mendasari pemilihan nama tersebut.

“Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, republik Indonesia, dan saya kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” ungkap Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Baca Juga :  Digoyang Demo, Presiden Jokowi Resmi Cabut Larangan Ekspor CPO. Petani Sawit Langsung Sambut dengan Suka Cita

Namun demikian, nama Nusantara itu masih memunculkan kritik dari sebagian kalangan dan pengamat atau akademisi. Sslahbsatunya adalah dari JJ Rizal, seorang pemerhati sejarah.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua