JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Keren! Murid SMK Daya Wangsa Ngadirojo Wonogiri Bikin ‘Lamborghini’ 4X4 Bertenaga Listrik, ini Buktinya

Mobil listrik
Lamborghini listrik 4X4 buatan SMK Daya Wangsa Ngadirojo Wonogiri. Foto : istimewa
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Jika disebut kata Lamborghini maka yang terbayang adalah supercar mewah berbanderol fantastis. Lantaran itu mobil jenis ini menjadi semacam kebanggaan bagi pemiliknya.

Sehingga tidak heran jika banyak pemilik mobil kemudian memodifikasi tunggangannya agar mirip dengan Lamborghini. Ada pula yang membuatnya di rumah produksi sendiri supaya mobilnya bisa tampil segagah Lamborghini.

Nah, salah satu yang membuat semacam replika Lamborghini adalah murid SMK. Tepatnya murid SMK Daya Wangsa Ngadirojo Wonogiri.

Mobil mewah Lamborghini ternyata bisa dibuat di Wonogiri. Anak-anak SMK Daya Wangsa Ngadir Wonogiri membuktikan hal itu.

Istimewanya, kendaraan roda empat yang sebentar lagi selesai pengerjaannya tersebut tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Melainkan bertenaga listrik dengan penggerak empat roda alias 4X4 atau four wheel drive alias 4WD.

“Kami sengaja membuat kendaraan Lamborghini listrik karena ke depan kendaraan dengan BBM premium semakin langka atau dilarang. Sehingga banyak yang beralih ke listrik,” ungkap Kepala SMK Daya Wangsa Ngadirojo Wonogiri, Dikin, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga :  Si Japut Maskot Pilbup Wonogiri 2024 Ternyata Terinspirasi Burung Jalak Putih

Selain membuat Lamborghini 4×4, SMK Daya Wangsa Ngadirojo Wonogiri kini tengah proses merampungkan pembuatan sepeda motor listrik roda tiga untuk para difabel. Malah, kendaraan pick up, gokart wisata serta motor gede (moge) sudah lebih dulu berhasil selesaikan peserta didik Kelas XII di bawah asuhan guru pembimbing Aris Budi Rahardjo selaku Kaprodi Teknik Bodi Otomotif SMK Daya Wangsa dan Adzin Kondo Nurbuat yang juga Kepala Bengkel SMK setempat.

SMK Daya Wangsa Wonogiri yang didirikan Dikin bersama pengusaha bus Tunggal Daya Ngadirojo, Sutardi (alm) ini, memang baru seumur jagung. Namun, soal prestasi dan inovasi yang dilakukan jangan ditanya.

Sekolahnya ‘cah ndeso’ itu kini kian ‘moncer’ namanya karena sejumlah perguruan tinggi (PT) favorit seperti UGM, UNY Yogyakarta menugaskan mahasiswanya melakukan PKL di SMK Daya Wangsa Wonogiri.

Baca Juga :  MGMP PAI Rayon Wonogiri Kembali Dipimpin Darmawan Basri

“Lamborghini dan mobil/motor listrik buatan anak didik kami sudah kami ikutkan pameran atas undangan Kementerian Pendidikan RI di Jakarta. Nanti kalau sudah jadi 100 persen, akan kami pamerkan di Wonogiri untuk memotivasi sekaligus menunjukkan bahwa anak negeri sudah bisa membuat karya yang monumental,” papar Dikin.

Ditambahkan, teaching factory SMK Daya Wangsa Ngadirojo Wonogiri tidak hanya membuat kendaraan roda empat dan dua listrik. Namun juga karoseri, bodi custom desain, juga sudah mampu memproduksi alat pertanian tepat guna.

“Misalnya penangkap serangga padi, alat parut kelapa hingga angkringan atau hik smart,” ujar Dikin.

Smart Hik made in SMK Daya Wangsa Ngadirojo Wonogiri dibuat dengan rangka besi di bagian atapnya ada panel surya lengkap fasilitas WiFi dan charging point lampu. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com