JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Nyaris Putus Sekolah, Gadis Asal Desa Terpencil Dekat Gunung Kemukus Sragen Ini Bersyukur Terselamatkan Lewat Beasiswa KIP Kuliah

Andika Viska Alfiansyah. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 138 mahasiswa dari kalangan tidak mampu di Sragen mendapat kesempatan bisa mengenyam bangku kuliah melalui program beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2021.

Kehadiran beasiswa itu dinilai sangat berharga untuk menyelamatkan mereka dari putus sekolah. Rasa syukur itu salah satunya diungkapkan Andika Viska Alfiansyah (19).

Mahasiswa semester 1 Universitas Sahid Surakarta itu mengaku sangat senang bisa menjadi penerima KIP Kuliah.

Beasiswa yang ia raih itu dinilai menjadi penyelamat mimpinya untuk melanjutkan kuliah yang nyaris sirna karena ketiadaan ekonomi orangtuanya.

Baca Juga :  Mayat Kakek-kakek Ditemukan di Sungai Kedunggandu Gondang Sragen. Diduga Hanyut Terbawa Arus

“Saya awalnya sudah nggak kuliah karena ekonomi orangtua nggak ada. Orangtua hanya jualan tukang buah keliling, ibu buruh. Saya tinggal di salah satu desa terpencil di dekat Gunung Kemukus,” ujar mahasiswi asal Dukuh Kedunguter RT 26, Desa Soko, Miri itu.

Mahasiswi yang akrab disapa Alfa itu menuturkan di saat asanya untuk kuliah nyaris sirna, mendadak ada informasi dari kakak tingkatnya semasa SMK.

Informasi itu berisi pendaftaran beasiswa KIP Kuliah bagi calon mahasiswa kurang mampu.

Dengan tekad besar, ia mencoba peruntungan mendaftar dengan membawa piagam-piagam yang ia miliki semasa SMK.

Baca Juga :  Terimakasih ke Mensos, Ketua RW 43 Gondang Sragen: Semoga Ini Bunuh Diri Terakhir!

“Alhamdulillah saya bisa diterima dan dapat beasiswa KIP Kuliah. Akhirnya saya bisa kuliah di prodi administrasi bisnis. Rasanya senang sekali, mimpi saya untuk bisa kuliah akhirnya tertolong KIP ini. Di desa saya yang bisa kuliah itu sangat sedikit sekali karena ekonomi memang kurang mampu. Makanya saya sangat senang,” urainya.

Alfa menyampaikan setiap satu semester ia mendapat dana Rp 5,7 juta dari beasiswa itu. Rp 4 juta untuk biaya pendidikan dan sisanya untuk biaya kebutuhan hidup selama kuliah.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua