JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Puan Borong Batik di Kampung Batik Laweyan dan Janjikan Bantuan dari Pusat untuk UMKM Batik

Puan Maharani saat membeli batik di salah satu toko di kawasan Kampung Batik Laweyan, Kamis (20/1/2022). Foto: JSNews/Ando
   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Ketua DPR RI, Puan Maharani didampingi Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengunjungi Kampung Batik Laweyan, Kamis, (20/1/2022). Puan mengunjungi beberapa toko batik mulai dari toko batik Merak Manis, Batik Pandono Abstrak, dan Batik Putra Bengawan.

Pada toko batik yang pertama, Puan sempat melihat proses pembuatan batik kemudian melanjutkan masuk ke dalam toko dan membeli beberapa stel batik. Puan juga sempat menanyakan kondisi terkini penjualan batik di Kampung Batik Laweyan.

Dijelaskan, Badrus, pemilik batik Merak Manis, Puan juga menjanjikan agar kegiatan ekonomi di Kampung Batik Laweyan dapat segera bangkit pasca pandemi.

“Tadi tanya-tanya bagaimana UMKM di Solo. Saya menjelaskan yang paling terberat pada waktu bulan Juli, itu biasanya kita bisa kirim ke Klewer tapi saat ini ditutup. Setelah pandemi, ya bagaimana caranya meningkatkan penjualan dengan cara diskon dan sebagainya saya menjelaskan seperti itu,” ungkap Badrus.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

Dilanjutkannya, Puan menjanjikan akan membantu dari pusat dengan membuat kebijakan-kebijakan agar para UMKM di Laweyan dapat lebih cepat mengatasi kesulitan-kesulitan.

“Tadi mbak Puan, juga membeli beberapa batik motif khas Solo. Seperti batik motif sogan dan beberapa baju wanita dan ecoprint yang salah satu produk khas kita kurang lebih 10 pcs,” terang Badrus.

Sementara itu pada toko batik yang kedua, toko Batik Pandono Abstrak. Puan membeli sebanyak 6 pcs kain batik berjenis batik tulis kontemporer.

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

“Belinya 6 pcs kain batik tulis kontemporer cuma beda motif. Kalau disinikan 1 kain 1 motif 1 desain. Tadi juga berpesan supaya lebih bisa meningkatkan, lebih bisa berkreasi lagi lebih mengembangkan kontemporer lebih berkembang lagi,” papar Puji pemilik Batik Pandono Abstrak.

Lalu untuk di toko batik terakhir, Batik Putra Bengawan, Puan tidak hanya membeli kain batik tapi juga membeli shoping back dan juga sajadah tulis batik.

“Tadi belinya batik tulis, batik tenun juga, shoping back, sajadah tulis batik, batik cap, batik tenun. Pokoknya komplit tadi, semuanya 7 item. Kalau mas Gibran tadi beli batik eksklusif, berbahan katun,” jelas Rita, sales senior Batik Putra Bengawan. (Ando)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com