JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Seperti Ini Cara Penanganan Pasien Omicron Sesuai Arahan Kemenkes

Ilustrasi pasien Covid-19. Foto: pixabay.com

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebagaimana pada kasus Covid-19, para pasien yang terjangkit varian Omicron juga membutuhkan penanganan secara khusus, termasuk isolasi yang harus dijalaninya.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menelurkan aturan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.01/MENKES/1391/2021 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus CovidD-19 Varian Omicron (B.1.1.529).

Baca Juga :  Rentan Terpapar Bakteri, Mengganti Sikat Gigi Secara Berkala dapat Mencegah Penyakit

Seluruh kasus probable dan konfirmasi varian Omicron (B.1.1.529.), baik yang bergejala maupun tidak harus isolasi di rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan COVID-19.

Sedangkan kriteria sembuh dan selesai isolasi pasien Covid-19 Omicron dan yang probable dilakukan sesuai dengan aturan Kementerian Kesehatan.

Baca Juga :  Kaya Vitamin, Buah Nangka Bisa Dikonsumsi dengan Beragam Cara

Pertama, pada kasus yang tidak bergejala (asimptomatik), isolasi dilakukan selama sekurangnya 10 (sepuluh) hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi ditambah hasil pemeriksaan Nucleic Acid Amplification Test (NAAT) negatif selama dua kali berturut-turut dengan selang waktu >24 jam.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua