JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Vaksin Booster Wonogiri Dimulai, Sasaran Pertama Lansia dengan Target 208 Ribu Orang

Vaksin booster
Kick off vaksin booster di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Vaksinasi COVID-19 dosis ketiga alias booster akhirnya digelar di Wonogiri. Kick off dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (14/1/2022).

Vaksin booster untuk kali ini menyasar para lansia terlebih dahulu. Sejumlah unsur Forkompimda memantau langsung vaksinasi itu. Di antaranya Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto maupun Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Rivan Rembudito Rifai.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengatakan lansia disasar untuk mendapatkan booster terlebih dahulu. Alasannya lansia beresiko jika terpapar COVID-19, apalagi saat ini ada sejumlah varian dari virus Corona.

Selain itu, juga sesuai dengan petunjuk dari pusat supaya dilakukan vaksinasi booster dimana lansia menjadi sasaran utamanya. Itu juga perwujudan pemerintah hadir untuk memberikan perlindungan bagi warganya.

“Targetnya ada 208 ribu lansia yang ada di Wonogiri. Itu jumlah lansia yang ada di Wonogiri,” ujar bupati saat ditemui di sela pemantauan vaksinasi.

Baca Juga :  Bambu Tumbang Menghalangi Jalan Desa Ngaglik Bulukerto Wonogiri

Dia menjelaskan, booster bagi ratusan ribu lansia tidak bisa begitu saja dilakukan. Pasalnya, harus ada jeda enam bulan setelah suntikan vaksin dosis kedua agar lansia bisa mendapatkan suntikan booster. Karena itu pihaknya kini melakukan pengklasteran dimana para lansia didata kapan mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua.

Pada kick off vaksinasi yang digelar, awalnya ditargetkan ada 1.500 lansia yang divaksin dalam satu hari di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri.
Masyarakat yang datang ke lokasi vaksin memang tinggi. Bahkan, kursi yang disediakan pun ditambah. Sebagian lansia datang sendiri sementara sebagian lainnya ada yang diantar oleh keluarganya.

“Vaksin yang digunakan untuk booster saat ini AstraZeneca,” terang Bupati yang beken disapa Jekek itu.

Baca Juga :  Lesus Landa Baturetno Pracimantoro Wuryanto dan Eromoko, Sejumlah Pohon Tumbang Menimpa Rumah Warga

Jekek memastikan kebutuhan vaksin yang digunakan untuk booster bakal mencukupi. Sebab, Kementerian Kesehatan dan Provinsi menjamin ketersediaan vaksin.

Strategi vaksinasi booster yang dilakukan oleh Pemkab Wonogiri selanjutnya akan sama seperti vaksinasi sebelumnya. Yakni dengan melakukan vaksinasi di 25 Kantor Kecamatan yang merupakan simbol pemerintahan. Yang jelas, vaksinasi bakal dilakukan dengan semangat gotong royong antara Pemkab, TNI/Polri hingga Kejaksaan Negeri.

“Itu agar ada edukasi publik. Ini adalah kewajiban bagi masyarakat, jangan sampai ada sesuatu yang bersifat provokatif. Maka kami gelar vaksinasi kami gelar di simbol-simbol pemerintahan yang kita kolaborasikan, jajaran Forkompimda hadir sebagai bentuk komitmen bersama apa yang menjadi kewajiban pemerintah,” ulas Jekek.

Dia juga menuturkan, vaksin booster yang disuntikkan kepada lansia sudah sesuai dengan pedoman dari pusat. Dengan begitu, vaksinasi dipastikan aman bagi lansia. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com