JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Demam Wisata Gunung Kemukus, Ratusan Emak-Emak Berbagai Desa Kini Gandrung Piknik Sewa Sepur Kelinci. Bayarnya Murah Meriah Rp 15.000 Per Orang

Rombongan emak-emak berwisata ke Gunung Kemukus dengan kereta atau sepur kelinci. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fenomena wajah baru obyek wisata Gunung Kemukus di Sumberlawang Sragen yang sudah berubah menjadi destinasi wisata religi dan keluarga, memang tengah menggema.

Pesona keindahan obyek wisata Makam Pangeran Samudera yang kini lebih dikenal dengan The New Kemukus itu sudah viral.

Tak hanya membius pengunjung dari luar kota, demam keindahan Kemukus juga ramai diperbincangkan warga lokal Sragen.

Bahkan, demam berwisata ke Kemukus kini menjadi trending dan banyak dilakukan oleh rombongan emak-emak di desa-desa berbagai kecamatan di Sragen.

Mereka bahkan rela urunan menyewa kereta kelinci bersama keluarga. Tak sedikit yang datang bersama rombongan pengajian, alumni sekolah dan lain-lain.

“Iya, tadi rombongan ibu-ibu pengajian di RT 7 dan 8 di desa saya juga habis dari Kemukus. Sejak tahu gambar di Facebook dan WA, banyak ibu-ibu yang penasaran dan ngebet ke sana. Tadi baru bisa ke sana, pakai sepur kelinci,” ujar Lestari, istri Ketua RT 7 Dukuh Ngamban, Gawan, Tanon, Selasa (1/2/2022).

Baca Juga :  Mantap, Persatuan Perangkat Desa Kalijambe (PRADESKAKA) Sragen Menggelar Acara Halal Bihalal dan Bakti Sosial di Balai Desa Jetiskarangpung

Ada 42 emak-emak di dua RT wilayahnya yang ikut ambil bagian piknik lokal ke Kemukus tadi. Rombongan berangkat pukul 16.00 WIB dengan menyewa sepur kelinci.

Rombongan emak-emak pengajian dan warga di Dukuh Ngamban, Gawan, Tanon saat berada di kereta kelinci menuju obyek wisata di Gunung Kemukus, Sragen, Selasa (1/2/2022). Foto/Wardoyo

Untuk biaya, per orang Rp 15.000 sudah termasuk tiket masuk ke lokasi wisata. Selama hampir 4 jam hingga pukul 21.00 WIB, rombongan menikmati keindahan Gunung Kemukus era baru yang belakangan viral dan jadi idola pemburu wisata tersebut.

“Baru sekali ini ke Kemukus padahal dari dulu sudah dengar Kemukus. Tapi sekarang kondisinya benar-benar indah. Cocok untuk piknik keluarga. Tadi suasananya habis gerimis. Kalau terang mungkin lebih bagus lagi. Di sana pada foto selfie dan jalan-jalan menikmati panorama lampu yang banyak,” urainya.

Wisata Murah Meriah 

Wisata murah ke Kemukus dengan kereta kelinci juga dilakukan rombongan pengajian emak-emak di Desa Kecik.

Membawa anak-anaknya, para emak-emak di desa itu dua hari lalu juga berbondong-bondong menuntaskan penasaran dengan mengunjungi Kemukus.

Ratusan santri dan jemaah pengajian asal Ponpes Nurul Ali Magelang saat berkunjung ke obyek wisata New Gunung Kemukus di Pendem, Sumberlawang, Sragen, Rabu (19/1/2022) malam. Foto/Wardoyo

Tak hanya rombongan pengajian, alumni sekolah pun juga ikut-ikutan tergoda untuk berwisata bareng. Sunarni (53) asal Desa Pengkol, Tanon, juga datang bersama rombongan alumni SD-nya.

Baca Juga :  Tingkatkan Pembangunan Desa Toyogo Sragen, Blesscon Kucurkan Dana CSR

Mereka juga datang dengan menyewa kereta kelinci dengan biaya Rp 15.000 per orang.

Ia mengaku takjub dengan suasana Kemukus yang indah dengan pesona ratusan lampu menghiasi pelataran di sepanjang taman dekat dermaga.

“Bagus sekali. Pokoknya cocok untuk berwisata, tiket masuk harga Rp 5.000 untuk warga sangat terjangkau,” ujarnya.

Sejumlah pengunjung berselfi di arena New Kemukus saat malam hari. Foto/Wardoyo

Penanggungjawab Obyek Wisata Gunung Kemukus, Marcellus Suparno mengakui ada kenaikan cukup signifikan arus kunjungan wisatawan sejak The New Kemukus dibuka dengan label baru Obyek Wisata Religi dan Keluarga.

Menurutnya saat ini, hampir tiap hari jumlah pengunjung mencapai angka 300 hingga 500an dari pengunjung lokal. Untuk hari libur dan akhir pekan, pengunjung bisa mencapai 3000 orang.

“Sebagian datang bersama keluarga, tapi kebanyakan akhir-akhir ini rombongan ibu-ibu menyewa sepur kelinci. Biasanya mereka datang sore pas nanti menjelang matahari tenggelam. Karena pada malamnya nanti pesona lampunya menjadi indah. Ya sudah banyak berubah dan makin ramai,” ujarnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com