JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Perhatian, Underpass Makamhaji Bakal Ditutup Total Selama 17 Hari ke Depan. Simak Jalur Pengalihannya!

Petugas Satlantas Polres Sukoharjo dan Dishub saat memasang rambu pengalihan arus untuk perbaikan Underpass Makamhaji. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pengalihan arus lalu lintas telah disiapkan selama penutupan jalur Underpass Makamhaji Kartasura.

Underpass Makamhaji akan ditutup total untuk perbaikan mulai 21 Februari hingga 7 Maret.

Sebagai antisipasi penutupan, petugas sudah melakukan sosialisasi dengan menyebar peta jalan pada masyarakat. Diharapkan dengan informasi tersebut membuat pengguna bisa hafal jalan yang akan dilintasi.

“Dalam rangka perbaikan Underpass di Makam Haji Kartasura, Satlantas Polres Sukoharjo telah menyiapkan rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas. Pengalihan arus lalu lintas dilakukan mengingat selama perbaikan Underpass nanti jalur menuju ke sana ditutup total selama beberapa hari,” ungkap Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Rabu (16/2/2022).

Kapolres mengatakan, dampak penutupan tersebut dikhawatirkan bisa menimbulkan kemacetan panjang kendaraan.

Untuk itu disiapkan jalur alternatif agar kendaraan tidak menumpuk di satu lokasi di sekitar Underpass Makamhaji Kartasura.

Berdasarkan peta pengalihan arus lalu lintas yang dikeluarkan Satlantas Polres Sukoharjo, untuk kendaraan pribadi, truk, bus dari arah barat Boyolali sampai di simpang Tugu Kartasura yang akan menuju ke Kota Solo akan diarahkan melalui Jalan A Yani.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Namun demikian khusus kendaraan pribadi yang akan ke arah timur dan melintas di Jalan Slamet Riyadi masih diperbolehkan.

Nantinya kendaraan pribadi tersebut hanya akan bisa melintas di simpang TPU Pracimaloyo Makamhaji Kartasura diarahkan ke Utara sampai ke Jalan A Yani.

Pengalihan melalui TPU Pracimaloyo Makamhaji Kartasura disebabkan karena jalan yang ke timur lagi ditutup menuju Underpass Makamhaji Kartasura.

Di simpang tiga TPU Pracimaloyo, nanti akan ditempatkan petunjuk arah dan dijaga petugas untuk membantu mengatur arus lalu lintas.

Kendaraan dari barat arah Boyolali yang akan ke selatan diarahkan melalui Keraton Kartasura hingga tembus ke perlintasan kereta api Mayang Gatak dan ke Baki hingga Simpang Empat Gentan Baki.

Khusus di perlintasan kereta api Mayang Gatak nanti, Polres Sukoharjo akan menempatkan petugas membantu pengaturan lalu lintas mengingat dititik tersebut rawan kemacetan saat kereta api melintas.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Pengalihan kendaraan besar juga dilakukan agar tidak melintas melalui Underpass Makamhaji Kartasura.

Kendaraan besar diarahkan dari simpang Tugu Kartasura melalui jalur Yogyakarta hingga ke simpang Pakis.

Kendaraan kemudian diarahkan melalui Wonosari, Klaten kemudian baru masuk Daleman, Baki, Kadilangu, Baki, Solo Baru, Grogol dan Sukoharjo.

Satlantas Polres Sukoharjo juga akan melakukan pengalihan arus kendaraan dari timur yang akan menuju ke barat karena akses Underpass Makamhaji Kartasura ditutup.

โ€œSudah dilakukan penyebarluasan informasi pengalihan arus lalu lintas dampak nanti perbaikan Underpass Makamhaji Kartasura karena akan dilakukan penutupan total,โ€ ujarnya.

Kapolres meminta pada masyarakat untuk menggunakan jalur yang sudah disiapkan petugas dan tidak memaksakan diri masuk ke jalur Underpass Makamhaji Kartasura karena akan ditutup total.

Untuk memperlancar perbaikan jalur tersebut maka, Kapolres menegaskan petugas tetap akan diturunkan untuk membantu pengaturan arus lalu lintas. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com