JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Pertashop Merebak di Karanganyar, Dinas Langsung Surati Pertamina. Ternyata Ada Masalah di Tera!

Sejumlah konsumen membeli pertamaz di Pertashop. Foto: Istimewa

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Outlet penjualan bahan bakar minyak (BBM) Pertashop marak bermunculan di Karanganyar.

Maraknya pendirian outlet berlabel Pertamina yang khusus menjual BBM Pertamax itu kini mulai mengundang pertanyaan. Sebab Dinas menemukan sejumlah Pertashop itu sudah memasang label “sudah ditera”.

Padahal kewenangan tera ada di Pemkab. Karenanya Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM langsung mengirimkan surat ke Pertamina untuk berencana mengklarifikasinya.

Baca Juga :  Pisah Kenal Dandim 0727 Karanganyar, Pejabat Lama Naik Posisi di Bandung, Yang Baru Siap Menjadi Terbaik

Kepala Disdagnakerkop UKM, Martadi mengatakan instansinya bukan pemberi rekomendasi maupun izin pendirian Pertashop. Ia menduga perizinan langsung diproses Pertamina dengan instansi di atasnya.

Terkait keberadaan Pertashop di banyak lokasi, ia merasa berwenang melakukan pengawasan perdagangan. Khususnya pada akurasi alat ukur penjualan BBM.

“Pemda berwenang melakukan tera pada alat ukurnya. Seperti halnya melakukan tera pada timbangan milik pedagang pada umumnya. Nah, SPBU maupun Pertashop seharusnya juga diperlakukan sama. Wajib ditera,” katanya kepada Kamis (24/2/2022).

Baca Juga :  Kepada Petani Durian di Jumantono, Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi Unisri Gelar Pelatihan Digital Marketing dan Akuntansi

Terkait kepentingan itu, Disdagnakerkop UKM mengirim surat ke PT Pertamina di kantor perwakilan area Soloraya.

Pemkab menghendaki balasan surat segera. Harapannya, PT Pertamina menyertakan lokasi Pertashop di Karanganyar sekaligus salinan dokumen legalisasi pendiriannya.

Setelah itu, seluruh pertashop bakal dilakukan tera terhadap alat ukur penjualan BBM.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua