JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Presiden Jokowi Resmikan Penataan Huta Siallagan dan Kampung Ulos Huta Raja

   

JOGLOSEMARNEWS.COM Presiden Joko Widodo meresmikan penatan kawasan Huta Siallagan, Kabupaten Samosir pada Rabu (2/2/2022).

Peresmian tersebut merupakan rangkaian kunjungan kerja Presiden di Sumatera Utara (Sumut).

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi penataan kawasan tersebut sehingga menjadi lebih menarik, tertata rapi, dan berkelas.

“Saya bersyukur hari ini bisa melihat bahwa Huta Siallagan beserta lingkungan sekitarnya sudah direvitalisasi, sudah ditata kembali. Sehingga, restorasi ini akan kita harapkan selain untuk konservasi adat budaya juga untuk destinasi pariwisata yang sangat, sangat, sangat menarik, tertata rapi, dan memiliki kelas,” uungkap Jokowi, dalam unggahan saluran YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga :  Besok Batas Akhir Permohonan Gugatan Sengketa Pemilu di MK, TPN Ganjar-Mahfud Siap Daftar Susul Tim AMIN

Jokowi bercerita pada 2019 lalu, dirinya bersama Iriana Jokowi pernah berkunjung ke Huta Siallagan.

Presiden mengungkapkan, sebelum direvitalisasi, kawasan tersebut dipadati oleh bangunan modern.

“Jadi di kawasan Huta Siallagan ini dulunya di sekitar, di sekelilingnya adalah penuh, padat dengan rumah-rumah modern,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), penataan kawasan Huta Siallagan di lahan seluas 11 ribu meter persegi tersebut dilakukan selama tahun 2020-2021 dengan biaya sebesar Rp30 miliar.

Baca Juga :  Disindir AHY, Politikus NasDem: Dia Lagi Gembira Dapat Sisa Masa Jabatan Menteri

Penataan kawasan tersebut termasuk sejumlah lingkup pekerjaan, mulai dari revitalisasi Rumah Bolon Eksisting, penataan Ekstensi Rumah Bolon, Rumah Bolon Baru, pusat suvenir, Batu Persidangan, Sopo Anting, hingga sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut menyerahkan bantuan langsung tunai kepada para pedagang cendera mata dan suvenir yang ada di kawasan Huta Siallagan.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com