JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ekskul Pertanian Berujung Maut di Miri Sragen, 2 Santri Ponpes At Taqwa Tewas Tenggelam di Embung

Jenazah santri Ponpes At Taqwa Sunggingan, Miri, Sragen yang tewas tenggelam di embung usai mengikuti ekskul bertani saat diidentifikasi di RS Assalam Gemolong, Sabtu (5/3/2022). Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kisah tragis menimpa dua orang santri pondok pesantren (Ponpes) At-Taqwa Dukuh Pondok RT 3, Desa Sunggingan, Kecamatan Miri, Sragen.

Dua santri itu dilaporkan tewas tenggelam di embung desa setempat seusai mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bertani, Sabtu (5/3/2022) pagi.

Dua santri itu bernama Pramesta Kailut Centa (15) asal Dukuh Bendo RT 05, Desa Krikilan, Kalijambe, Sragen dan Aziz Dhuka Maulana (16) asal Desa Blangu RT 4, Kecamatan Gesi, Sragen.

Keduanya meregang nyawa setelah mengikuti ekstrakurikuler pertanian di sawah tak jauh dari ponpes. Mereka kemudian tenggelam saat membasuh badan di embung desa tersebut.

Data yang dihimpun di lapangan, insiden tragis itu terjadi pukul 07.15 WIB. Kejadian bermula ketika ponpes menggelar kegiatan ekstra pertanian untuk santri kelas 2 SMP.

Baca Juga :  Polres Sragen Tangkap Pelaku Penipuan Jual Beli Wood Pellet di Facebook, Korban Mengalami Kerugain Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Kegiatan rutin itu diikuti 20 santri termasuk kedua korban. Ekstrakurikuler pertanian dilaksanakan di sawah berjarak sekitar 500 meter dari pondok.

Selama kegiatan, para santri didampingi oleh ustadz muda Aditya Saputra (23). Kemudian sekitar pukul 07.15 WIB, kegiatan ekstra pertanian selesai.

Karena para santri badan dan pakaiannya kotor oleh lumpur dan tanah, lalu sekitar 10 santri berinisiatif membersihkan badan di embung sebelah sawah tersebut.

Baru beberapa menit berselang, salah satu santri Fahri Alfarizi sudah berteriak bahwa ada santri tenggelam.

Rupanya kedua korban nekat mandi di dalam embung yang berkedalaman lebih dari 2 meter itu. Teriakan Fahri langsung didengar oleh warga sekitar yang kemudian berdatangan memberi pertolongan.

Nahas saat warga datang, kedua korban sudah hilang ditelan air embung. Tak lama kemudian tim SAR dan relawan tiba di lokasi untuk membantu melakukan pencarian.

Baca Juga :  Sah! Universitas Sragen (UNISSRA) Resmi Dibuka, Ada 6 Prodi Unggulan Siap Ciptakan Generasi Cerdas Berakhlak Mulia dan Profesional

“Setelah dilakukan evakuasi, akhirnya kedua korban berhasil ditemukan di lokasi tak jauh dari tempat mereka pertama kali di embung. Saat ditemukan kondisi keduanya sudah dalam keadaan meninggal dunia, lalu dibawa ke rumah sakit Assalam Gemolong untuk dilakukan identifikasi,” papar Kasi Humas Polres Sragen, AKP Suwarso, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (5/3/2022).

Dari hasil pemeriksaan luar, tidak ditemukan tanda kekerasan atau penganiayaan di tubuh kedua santri malang itu.

Karena keluarga sudah menerima sebagai musibah dan menolak dilakukan otopsi, jenazah korban akhirnya diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan.

“Korban meninggal akibat tenggak di embung dan tidak bisa berenang,” imbuh Kapolsek Miri, AKP Suyono. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com