JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Kisah Sukses Nike Purnomo, Mahasiswi Anak Sopir Bus yang Sukses Raih Cumlaude di UNY. Tak Malu Nyambi Jualan Keliling, Kejar Skripsi Sampai Tak Tidur

Olivia Nike Purnomo bersama keluarga. Foto/Istimewa

JOGJA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Siapa bilang sukses di bidang pendidikan hanya monopoli orang dengan ekonomi cukup. Kisah sukses anak dari keluarga dengan keterbatasan pun sudah banyak mencuat.

Seperti ditunjukkan oleh mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bernama Olivia Nike Purnomo ini.

Meski hanya anak dari seorang sopir bus, Nike sukses membuka mata publik dengan prestasi menterengnya.

Ya, putri dari Yoyok Purnomo itu berhasil meraih predikat cumlaude pada wisuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) periode Februari 2022 dengan IPK 3,82.

Mahasiswi itu cumlaude usai menamatkan kuliahnya di prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi.

Namun sukses yang diraih Nike bukan hadir secara kebetulan. Perjuangan keras dan panjang harus ia lalui.

Baca Juga :  Nahas, Jadi Korban Tabrak Lari di Sleman, Pemotor Terjungkal dan Nyungsep ke Gorong-gorong

Ia mengisahkan meski keluarganya termasuk golongan menengah kebawah, namun keluarga utamanya kedua orangtuanya memang sangat concern dengan pendidikan anak- anaknya.

Meski harus susah payah membiayai, tekad besar orangtuanya adalah mendorong anak menempuh pendidikan tinggi.

“Ketika SD, orangtua saya kesulitan membayar sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) anak-anaknya. ?arena kebetulan kami bersekolah di sekolah swasta yang pada saat itu nominalnya terbilang mahal untuk kami,” kata Nike seperti dikutip di laman resmi UNY pada Selasa, 15 Maret 2022.

Nike bercerita pernah diminta gurunya untuk tinggal kelas karena belum melunasi SPP.

Baca Juga :  Ke Masjid, Pria Yogya Ini Tidak Salat, Tapi Malah Nyolong Kotak Amal

Namun, dengan upaya orang tuanya bekerja keras, Nike bisa lulus SD tanpa tinggal kelas. Walaupun penuh rintangan, Nike juga bisa masuk SMP negeri dengan gratis.

Diterimanya Nike di SMP negeri cukup meringankan beban orang tuanya, yang saat itu harus membiayai kakak Nike sekolah SMA dan adik Nike di SD.

Selama sekolah di SMP Nike mendapat bantuan BOS sehingga dapat SPP gratis sampai lulus. Setelah dari SMP, Nike meneruskan ke SMA negeri dan berhasil diterima di SMA negeri favorit di kota Magelang.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua