JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Sragen Tanam 110 Bibit Mangga di Jenar. Dirut: Wujud Komitmen Merawat Sumber Air!

Dirut Perumda Air Minum Tirtonegoro Sragen, Hanindyo Heru Prayitno (kanan) bersama Dirum Handoko (kiri) saat berpose bersama tokoh masyarakat dan warga usai penyerahan simbolis bantuan bibit pohon mangga untuk penghijauan dalam peringatan Hari Air Sedunia di Jenar, Senin (28/3/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Perumda Air Minum Tirtonegoro atau PDAM Sragen berinisiatif melakukan penanaman bibit pohon mangga secara massal di Dukuh Bulakrejo, Banaran, Jenar, Senin (28/3/2022).

Selain di dekat sumur PDAM yang ada di wilayah itu, bibit pohon juga dibagikan kepada warga sekitar untuk ditanam di lingkungannya.

Penanaman dan pemberitaan bantuan bibit mangga itu dipimpin langsung oleh Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tirtonegoro, Hanindyo Heru Prayitno didampingi Direktur Umum, Handoko dan jajaran pegawai.

Ia mengatakan kegiatan penanaman bibit mangga itu digelar dalam rangka memeringati hari air sedunia.

Lebih dari itu, penghijauan dengan bibit mangga digelar sebagai wujud komitmen Perumda Air Minum Tirtonegoro Sragen untuk menjaga dan merawat sumber air.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

“Pohon mangga ini kita tanam untuk penghijauan. Harapannya ketika besar nanti akan memberi ruang penyimpanan air di bawahnya. Sehingga air yang diambil akan tergantikan secara berkesinambungan,” paparnya seusai melakukan penanaman simbolis.

Hanindyo menguraikan ada 110 bibit pohon mangga yang ditanam dan dibagikan untuk warga setempat.

Dirut Perumda Air Minum Tirtonegoro Sragen, Hanindyo Heru Prayitno saat menyampaikan sambutan. Foto/Wardoyo

Mengingat pentingnya penghijauan, program itu direncanakan akan digelar berkelanjutan dengan sasaran di lain wilayah, utamanya di Sragen Utara yang dirasa membutuhkan.

Penanaman bibit itu bakal digencarkan dalam upaya konservasi alam terutama menjaga sumber mata air sehingga mendukung layanan PDAM yang berkualitas dan kontinuitas.

“Ini sebagai pengganti air yang dieksploitasi. Juga untuk program jangka panjang, nanti yang nikmati anak cucu kita. Selain penghijauan, dengan tanaman buah mangga ini, kalau sudah besar maka warga bisa dapat buahnya,” terangnya.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Ekspansi Layanan Sragen Utara 

Dalam kesempatan itu, Hanindyo juga mengajak warga untuk peduli terhadap keberadaan air dan pentingnya sanitasi.

Terutama untuk tidak buang air besar sembarangan guna menjaga sumber air dari pencemaran.

Penanaman bibit pohon mangga secara simbolis. Foto/Wardoyo

Dirum Handoko menambahkan penghijauan di wilayah Sragen Utara itu selaras dengan program pengembangan layanan PDAM yang saat ini tengah menjadi prioritas.

Menurutnya, ekspansi ke Sragen Utara sedang berjalan untuk pelayanan di Kecamatan Tangen dan Jenar yang selama ini belum tersentuh pelayanan.

“Untuk wilayah Jenar, waiting list sambungan rumah (SR) pelanggan sampai saat ini sudah 559 SR. Kemudian untuk Tangen sudah ada sekitar 700an. Infrastruktur sudah siap, ke depan akan berkembang terus,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com