JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Donasi untuk Masjid Al Fatah Kowang yang Dirobohkan Terus Mengalir. Kapolsek dan Mas Bowo Juga Bantu, Yang Mau Nyumbang Ini Nomor Rekeningnya!

Kondisi Masjid Al Fatah Kowang yang kini memulai pembangunan di tengah polemik janji dermawan yang sanggup mendanai namun ternyata belum ada kejelasan dana. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sempat memicu polemik, kondisi masjid Al Fatah di Dukuh Kowang, Ngargotirto, Sumberlawang, Sragen mulai memantik empati.

Kondisi masjid yang terlanjur dirobohkan padahal dana dari dermawan utama belum jelas, membuat sejumlah pihak tergerak untuk membantu dana untuk pembangunan.

Sampai Rabu (6/4/2022), sudah ada sekitar Rp 316,5 juta dana donasi yang masuk. Kades Ngargotirto, Sumadi menyampaikan dana itu terdiri dari donasi warga dan berbagai pihak total sekitar Rp 215 juta.

Kemudian ditambah dana bantuan dari Kemenag Jateng sebesar Rp 100 juta.

“Dana dari donasi warga dan pihak-pihak yang membantu total sudah ada Rp 215 juta. Ditambah dari Kemenag Jateng yang diserahkan tadi Rp 100 juta,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Donasi juga datang dari Kapolsek Sumberlawang sebesar Rp 1,5 juta. Menurutnya, dari awal sebenarnya panitia memang membuka donasi bagi warga yang ingin membantu pembangunan.

Langkah itu dilakukan karena dana pembangunan belum tersedia. Harapan donasi dari dermawan asal Jakarta yang sebelumnya menyanggupi dana sampai selesai, ternyata gak kunjung cair.

Baca Juga :  Viral Dexlite Abal-abal di Sragen Ternyata Dialami Juga oleh Anggota DPRD Tulungagung, Mobilnya Langsung Ndongkrok di Bengkel 3 Hari

Melalui orang kepercayaan, si dermawan baru mentransfer awal Rp 10 juta dan beberapa kali transfer dengan nominal hampir setara.

Donasi itu jauh dari kebutuhan anggaran untuk pembangunan yang di-RAB dialokasikan hampir Rp 1,5 miliar.

“Katanya mau jual tanah di Jakarta tapi belum laku. Makanya dananya agak seret. Tapi panitia dan warga yakin pasti akan ada solusi. Ini donasi juga sudah berdatangan. Pembangunan masjid sudah jalan ditangani pemborong yang mau nalangi dulu,” ujarnya.

Brosur donasi untuk Masjid Al Fatah Kowang. Foto/Wardoyo

Salah satu takmir sekaligus panitia pembangunan Masjid Al Fatah, Lilik Purnomo menguraikan dari komunikasi terakhir, pihak dermawan asal Jakarta masih beritikad untuk siap membantu dana.

Hanya saja dimungkinkan butuh waktu. Ia dan warga mengaku bersyukur karena ada pemborong yang mau mengerjakan pembangunan dan nalangi dana dulu.

Pihak panitia juga membuka donasi bagi pihak yang ingin menyumbang. Ada beberapa nomor rekening yang dicantumkan di proposal.

Yakni di rekening BRI atas nama masjid Al Fatah dengan nomor rekening: 6877-01-033061-53-9 dan rekening atas nama Tri Wijiastutik di bank BNI dengan nomor rekening 0906656544.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak, Anggota DPRD Tulungagung Juga Mengalami Kerusakan Mobil Usai Mengisi Dexlite di SPBU Sragen

Sementara, Camat Sumberlawang, Endang Widayanti menyampaikan Muspika tidak tinggal diam menyikapi apa yang terjadi pada pembangunan masjid Al Fatah di Kowang itu.

Menurutnya, pembangunan memang sempat tersendat karena persoalan dana dari pihak yang awalnya menyanggupi namun kemudian tak kunjung diberikan.

“Kita bergandengan tangan bagaimana agar tujuan para takmir dan cita-cita pembangunan masjid bisa terlaksana. Planingnya kebutuhan dana Rp 1,3 milyar dan waktu 6 sampai 7 bulan bisa terpenuhi. Alhamdulillah dengan berita itu kemarin sudah ada beberapa donatur yang menyumbang,” paparnya.

Selain dari Kemenag Jateng, kabar terbaru yang ia terima, anggota DPRD Provinsi Jateng asal Sragen, Untung Wibowo Sukowati juga sudah memberitahu siap untuk membantu donasi.

“Kemarin Pak Mantan Wakil Bupati Sragen juga menyatakan siap membantu. Tadi Pak Bowo anggota DPRD Provinsi juga sudah siap untuk membantu. Cuma berapanya belum disampaikan,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com