JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Panen Raya Kelengkeng Jutaan Rupiah, Warga Pinggiran WKO Sragen Ini Tak Lupa Sampaikan Terimakasih pada Mantan Bupati Untung Wiyono

Warga Boyolayar Ngargosari Sumberlawang saat panen raya kelengkeng yang dulunya merupakan bantuan Pemkab semasa Bupati Untung Wiyono. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga di Desa Wisata Boyolayar, Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang Sragen tengah berbinar.

Pasalnya saat ini mereka sedang menikmati panen raya buah kelengkeng. Ada ribuan pohon kelengkeng milik warga di desa pinggiran waduk kedung ombo (WKO) itu yang kini sedang berbuah lebat dan memasuki masa panen.

Pohon kelengkeng itu ditanam di pekarangan dan tegalan milik warga. Dengan harga Rp 14.000 sampai Rp 15.000 per kg, setiap warga bisa meraup jutaan rupiah dari panen raya kali ini.

Momen panen raya kali ini juga seolah menjadi nostalgia bagi warga setempat. Mereka pun tak lupa menyampaikan terimakasihnya pada mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono.

Sebab pohon kelengkeng yang tiap tahun memberi hasil jutaan rupiah itu dahulunya memang didapat dari program bantuan Bupati Untung kala masih menjabat.

“Saya punya 9 pohon kelengkeng. Dulu bibitnya dikasih oleh Pak Bupati Untung Wiyono dulunya. Sekarang beliau udah gak jadi bupati lagi,” kata salah satu warga, Pak Edo, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (7/4/2022).

Baca Juga :  Viral Mobil Rusak Usai Minum Dexlite di Sragen, SPBU: Bukan Abal-abal, Tapi Karena Terkontaminasi Air
Panen raya kelengkeng di Boyolayar Ngargosari Sumberlawang. Foto/Wardoyo

Ia mengisahkan hampir semua kelengkeng yang ditanam warga Boyolayar memang diperoleh dari bangunan Pemkab Sragen semasa pemerintahan Bupati Untung sekitar 10 tahun silam.

Ia masih ingat betul kala itu, Bupati Untung memang bertekad membantu warga dengan bibit kelengkeng.

Harapannya dengan bibit itu bisa merubah nasib warga di Kampung Boyolayar dan dipesan agar dirawat sehingga bisa menghasilkan untuk masa depan anak cucu.

Impian itu akhirnya berwujud ketika kini setiap tahun, ribuan pohon kelengkeng di wilayah itu menjadi pohon uang bagi warga.

“Pak Untung terima kasih banyak. ini bibitnya kelengkeng sudah membuahkan hasil buat warga Boyolayar. Warga sudah panen berkali-kali kurang lebih dari 5 kali periode panen. Alhamdulillah bisa nambah penghasilan kami,” terangnya.

Warga Boyolayar saat membungkusi buah kelengkeng yang dijual ke konsumen. Foto/Wardoyo

Edo sendiri mengaku dari 9 pohon kelengkeng yang ditanamnya setidaknya bisa menghasilkan Rp 7 juta satu kali panen raya.

Hasil panen kelengkeng biasanya dijual eceran atau diborongkan ke penebas yang datang saat panen tiba.

Hal senada juga disampaikan oleh Narti (60) warga Boyolayar RT 27. Ia sempat tak menyangka bibit pohon kelengkeng yang dulunya merupakan bantuan Bupati Untung ternyata bisa berguna dan mendatangkan penghasilan baru bagi warga.

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

Selain dari hasil panen buah kelengkeng, warga masih bisa mendapatkan hasil dari tanaman tegalan seperti jagung dan pisang yang ditanam di sela-sela kelengkeng.

“Kami terimakasih dulu sudah dibantu bibit kelengkeng Pak Bupati Untung. Sekarang sudah bisa menikmati hasilnya tiap panen bisa nambah penghasilan,” urainya.

Warga Boyolayar menunjukkan ikatan buah kelengkeng yang saat ini sedang panen raya. Foto/Wardoyo

Warga lain, Sri Wahyuni (50) yang tinggal di RT 27, Boyolayar menyampaikan bibit kelengkeng bantuan Pemkab kala itu, kini memang menjadi tambatan penghasilan tambahan bagi warga.

“Alhamdulillah bisa dijual mendapatkan uang untuk kebutuhan sehari – hari. Dulu beliau Pak Untung memang pesan agar tanah – tanah warga di Boyolayar mampu menghasilkan sesuatu yang bisa di manfaatkan di masa depan nanti. Itu pesan pas pembagian bibit Kelengkeng. Sekarang sudah panen dan ternyata bisa bermanfaat betul untuk masyarakat. Hari ini anak cucu dan kita bisa menikmati hasilnya,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com