JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pengumuman, Tak Ada Mudik Gratis dari Sragen Tahun Ini. Tapi Tenang Masih Ada dari Kemenhub, DKI dan Pemprov

Catur Sarjanto. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemkab Sragen memastikan tidak ada anggaran untuk mudik gratis pada musim mudik Lebaran tahun 2022 ini.

Kondisi masih pandemi saat penganggaran tahun 2021 menjadi alasan yang membuat Dinas Perhubungan (Dishub) terlanjur tidak mengajukan alokasi untuk mudik gratis di 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sragen, Catur Sarjanto mengatakan untuk tahun ini, Pemkab sementara tidak menggelar mudik gratis.

Hal itu karena anggaran untuk pengadaan armada bantuan mudik gratis memang tidak terpacak di 2022. Kondisi masih pandemi saat pengajuan anggaran di 2021, menjadi faktor yang membuat anggaran mudik gratis tidak diploting.

“Karena anggaran penetapan 2022 itu kan diajukan pada tahun 2021. Nah saat itu kondisi masih pandemi dan tidak bisa memastikan apakah 2022 boleh mudik. Sehingga saat itu tidak dianggarkan. Sehingga sementara tahun ini tidak melaksanakan mudik gratis,” paparnya ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/4/2022).

Program mudik gratis terakhir kali digelar tiga tahun lalu. Dalam dua tahun terakhir program bantuan armada untuk perantau Sragen yang ada di Jabodetabek itu ditiadakan karena kondisi pandemi dan larangan mudik.

Baca Juga :  Bioskop legendaris Garuda Theatre Sragen: Kenangan Manis Masa Lalu

“Saat pengajuan anggaran 2021, tidak bisa memastikan bagaimana kondisi pandemi. Ternyata saat ini pandemi sudah mulai berkurang dan dibolehkan mudik. Tapi kan terlanjur tidak dianggarkan,” ujarnya.

Meski demikian, bagi perantau Sragen yang ingin mudik gratis, masih ada kesempatan. Sebab dari Pemprov Jateng dan DKI masih mengadakan program itu.

Catur menyampaikan Pemprov Jateng sudah memberi anggaran untuk membantu armada guna memfasilitasi para pemudik yang ingin pulang kampung secara gratis ke Jateng.

Begitu pula dari Pemprov DKI, juga sudah menjatah 2 armada untuk mudik gratis ke daerah asal, termasuk Sragen.

“Kemarin waktu rapat di provinsi, Pak Gubernur menyampaikan sudah memberi anggaran untuk membantu armada mudik gratis se-Jateng. Dari DKI juga menyediakan dua armada untuk mudik gratis, nanti dari Kemenhub juga ada bantuan mudik gratis,” tandasnya.

Baca Juga :  Dagang Ciu di Bulan Ramadhan, Warga Sambungmacan, Sragen Dirazia Polisi, 3 Botol Miras Disita

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memastikan akan kembali menggelar program mudik gratis Lebaran ini.

Program mudik gratis disediakan untuk sekitar 10.500 orang. Mudik gratis itu rencananya akan digelar pada akhir bulan April 2022.

“Rencana jumlah pemudik kurang lebih 10.500 orang yang dapat mengikuti program mudik gratis,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (6/3/2022).

Untuk mudik gratis, Dishub tengah menyiapkan sebanyak 350 armada bus untuk penumpang, dan sebanyak 34 truk untuk angkutan motor.

Ia menyampaikan mekanisme pendaftaran mudik gratis Kemenhub dapat dilakukan secara daring (online) melalui website.

Registrasi peserta akan dibagi di 5 lokasi yaitu Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi dan Depok.

Ia menyebut, Kemenhub menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk kegiatan mudik gratis tahun 2022.

Pemerintah memprediksi mudik tahun ini akan diikuti oleh 85 juta warga di seluruh Indonesia. Pusat utama pemudik akan ada di Jabodetabek. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com