JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

59 Ekor Sapi Positif PMK, Semua Pasar Hewan di Sragen Tutup Total Mulai Besok Pagi!

Sebuah papan informasi terkait penutupan pasar hewan di Kabupaten Sragen mulai besok pagi sampai 14 Juni karena wabah PMK. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemkab Sragen akhirnya memutuskan menutup 6 pasar hewan yang ada di wilayah setempat.

Penutupan dilakukan menyusul mengganasnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang melanda dalam dua hari terakhir.

Hingga pagi ini, Senin (30/5/2022), total sudah ada 59 kasus sapi positif terjangkit PMK. Kemudian lima ekor sapi dipotong dan 10 sapi sembuh.

Kepala Disnakkan Sragen, Rina Wijaya mengatakan ada 6 pasar hewan yang resmi akan ditutup mulai besok pagi, Selasa (31/5/2022).

Pasar hewan itu akan ditutup selama dua pekan ke depan atau sampai 14 Juni 2022 mendatang.

Enam pasar hewan itu antara lain Pasar Hewan Nglangon Sragen Kota, Sumberlawang, Tanon, Sukodono dan dua di Sambirejo.

Baca Juga :  Paguyuban Sahabat Dangkel Bagikan Paket Sembako di Bulan Ramadhan 1445 H Untuk Masyarakat Miskin dan Kurang Mampu Hingga Anak Yatim di Sragen, Kades Purwosuman: Paguyuban Yang Kompak dan Solid Membantu Warga

“Pemerintah telah memutuskan untuk menutup 6 pasar hewan seluruh di Kabupaten Sragen. Kami juga melakukan kerjasama dengan pihak Polri untuk melaksanakan di daerah perbatasan,” paparnya kepada wartawan, Senin (30/5/2022).

Rina menguraikan dari kasus positif yang terjadi saat ini, mayoritas terpapar dari pembelian dari luar Sragen. Baik itu dari wilayah Jawa Timur, Purwodadi maupun Boyolali.

Ketika masuk di kandang itu menulari sapi lain dalam satu kandang. Kebijakan menutup pasar hewan itu dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK yang lebih luas lagi.

Sebagai antisipasi, dinas juga akan memperketat pemeriksaan surat kesehatan hewan. Rina menyampaikan dalam masa wabah PMK, pihaknya akan lebih selektif dalam menerbitkan SK baik terhadap sapi atau ternak yang datang maupun surat perjalanan ternak yang keluar.

Baca Juga :  Polda Jateng Gunakan Helikopter Untuk Pengecekan Persiapan Mudik Lebaran 2024 Dan Mendarat di Polres Sragen Cek Kesiapan Anggota

Kepada peternak, diimbau untuk lebih berhati- hati apabila membeli ternak dari luar. Diharapkan pula menjaga kebersihan ternak dan kebersihan hewan.

“Jangan lupa semprot disinfektan dan jangan tergiur dengan harga yang murah. Kemudian apa bila ada sapi baru dari wilayah lain pisahkan dengan sapi yang lain,” terangnya.

Pihaknya telah bekerjasama dengan dokter hewan di Sragen dan seluruh mantri hewan di kabupaten agar responsif menangani penyebaran PMK di Kabupaten Sragen. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com