JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Akomodir PKL, Gibran Sebut 90 % Pengunjung CFD Cuci Mata dan Cari Makan, yang Olahraga Hanya 10 %

Wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ando
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Rencana pembukaan gelaran car free day (CFD) Solo setelah vakum dua tahun karena pandemi covid-19 terus dimatangkan. Sampai Rabu (11/5/2022), teknis pembukaan CFD yang rencananya akan dibuka Minggu (15/5/2022) masih dalam pembahasan OPD terkait.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan tetap akan mengakomodasi kepentingan pedagang kaki lima (PKL) dalam CFD mendatang. Namun demikian, dia mengingatkan fungsi utama penyelenggaraan CFD untuk mengurangi polusi udara.

“Sekali lagi, CFD bukan ajang untuk bebas PKL. CFD untuk mengurangi polusi dan untuk olahraga. Tapi saya taulah, sing olahraga 10 persen lainnya cuci mata dan cari makan. Makanya PKL tetap disediakan tempat,” terangnya, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga :  Ribuan Kaum Muslimin Laksanakan Salat Idul fitri 1445 H di Halaman Edutorium UMS

Sampai saat ini, PKL dipertimbangkaan untuk boleh berjualan di area CFD di titik-titik tertentu. Dinas terkait tengah mengurus izin penggunaan sejumlah lokasi untuk area berjualan para PKL tersebut.

“Dishub dan Disdag sedang membuat kantong-kantongnya, untuk PKL. Kan perlu izin. PKL tetap disediakan tempat tapi bukan di citywalk atau jalur lambat, itu salah. Nanti sampahnya menumpuk,” tegasnya.

Baca Juga :  Berita Duka, Politisi Senior PKS Quatly Abdulkadir Alkatiri Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Iniย 

Diakuinya, menampung seluruh PKL yang menjajakan dagangannya di CFD sebelumnya bukan cara yang mudah. Beberapaa tempat yang mungkin akan digunakan untuk menampung PKL tersebut diantaranyaa halaman Loji Gandrung dan Benteng Vastenburg.

“Banyak lho itu (PKL), 2000an lebih. Target secepatnya harus segera selesai persiapannya. Kita akan mengakomodir semua, pintu ekonomi kitaa buka selebar-lebarnya,” jelasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com