JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Arus Balik Melonjak, 68.000 Kendaraan Terpantau Melintasi Gerbang Tol Kalikangkung Semarang Hari Ini

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Kabid Humas Kombes Pol Iqbal Alqudussy. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM -Jumlah kendaraan arus balik yang melintasi gerbang tol Kalikangkung pada H +4 Lebaran mulai melonjak.

Berdasarkan data yang dilansir Polda Jateng, jumlah kendaraan pada penerapan one way di Gate tol Kalikangkung selama 1 x 24 jam pada Sabtu, 7 Mei 2022 berjumlah 68.000 kendaraan.

Jumlah ini meningkat 11 persen dibanding hari sebelumnya yang berjumlah 61 ribu kendaraan.

“Sesuai data, jumlah ini adalah yang tertinggi sejak H+1 lebaran. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dibandingkan puncak arus mudik pada tanggal 29-30 April lalu,” kata Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mewakili Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi, Sabtu (7/5/2022).

Situasi Kamtibmas yang kondusif selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri juga mendapat sorotan dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Kapolda mengapresiasi masyarakat atas partisipasinya mematuhi peraturan lalu lintas dan arahan petugas saat melakukan perjalanan pada arus mudik lebaran tahun 2022 ini.

“Kapolda juga mengharapkan, pada periode arus balik masyarakat tetap bersabar, mengembangkan toleransi di jalan raya serta taat pada arahan petugas di lapangan,” ujar Kabid Humas.

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

Kabidhumas juga menyatakan pihaknya optimis masyarakat mendapat momentum positif pada masa mudik untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik.

“Mudik lebaran mempunyai dampak psikologis yang luar biasa. Apalagi selama dua tahun terakhir masyarakat tidak melakukan perjalanan mudik karena terhambat pandemi covid 19. Maka dari itu momentum mudik Lebaran 2022 saat ini pasti memberikan dampak psikologis yang sangat positif,” jelasnya.

Menurutnya, Silaturahmi antara pemudik dan keluarga di kampung halaman bernilai penting untuk memperkuat rasa kekeluargaan dan keutuhan kekerabatan.

Mudik juga menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan karena dapat berkumpul dengan keluarga dan orang-orang di kampung halaman.

“Dengan mudik, ada kelegaan yang luar biasa. Ada perasaan tenang, santai, bahkan pengamalan agama menjadi meningkat. Peristiwa mudik dipandang sebagai pembaharuan hubungan sosial yang berdampak positif dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkapnya.

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Cafรฉ di Semarang Diringkus Polisi

Oleh karena itu, dirinya berharap efek positif mudik dapat menguatkan optimisme masyarakat untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

Terkait arus balik, Kabidhumas meminta para pengguna jalan untuk bersabar dan taat pada peraturan lalu lintas. Pasalnya, Polri dan stakeholder terkait saat ini tengah berupaya maksimal melalui sejumlah rekayasa lalu lintas agar arus balik berjalan dengan baik.

“Terkait hal ini masyarakat agar update informasi melalui media sosial, radio maupun pengumuman petugas di lapangan. Kapan dilakukan one way, penerapan ganjil genap maupun rekayasa lalu lintas lainnya. Kami optimis para pengguna jalan bisa bekerja sama dengan petugas di lapangan,” tandasnya.

Untuk itu, dia meminta kerjasama para pengguna jalan untuk tidak menggunakan bahu jalan dan tetap menjaga kecepatan kendaraan.

“Tetap bersabar dan berpikir positif. Perhatikan juga untuk tetap selalu jaga kesehatan. Semoga diberikan kemudahan dan tepat waktu sampai di tujuan,” himbaunya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com