JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Aturan Baru Kemedagri, Penamaan Anak Minimal 2 Kata dan Maksimal 60 Huruf

Ilustrasi ibu dan anak. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM – Aturan baru dari Kementrian Dalam Negeri (Kemedagri) yaitu penamaan seseorang minimal 2 kata dan maksimal 60 huruf. Peraturan ini baru saja diresmikan pada 21 April 2022. Ini bertujuan untuk mempermudah anak untuk administrasi seperti pembuatan pasport harus minimal dua suku kata.

Seperti yang dikatakan oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan, salah satu aturan tersebut terbit adalah demi masa depan anak-anak. “Contoh ketika anak mau sekolah atau mau ke luar negeri untuk membuat paspor minimal harus dua suku kata, nama harus selaras dengan pelayanan publik lainnya,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (23/5/2022).

Baca Juga :  Airlangga Minta Seluruh Kader Partai di KIB Tancap Gas Sambut Pemilu 2024

Peraturan ini dimuar dalan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomer 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama Pada Dokumen Kependudukan, pencatatan nama identitas paling sedikit adalah dua kata.

Penulisan nama ini harus sesuai dengan prinsip kesopanan, kesusilaan, agama, dan sesuai dengan ketentuan peraturan yang sudah ditetapkan. Selain itu nama family, marga atau nama lain yang serupa merupakan satu kesatuan dengan nama.

Baca Juga :  Bikin Penasaran Pria Paling Diburu Jepang, Mitsuhiro Taniguchi Ditangkap di Lampung. Ini Catatan Kejahatannya!

Ini pun tidak dibolehkan mencantumkan gelar agama ataupun gelar pendidikan pada akta pecatatan sipil.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua