JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Cek Jangkauan Sinyal TV Digital Lewat Aplikasi SinyalTVDigital

Ilustrasi televisi jadul. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan pada 2 November 2022 tahapan migrasi dari siaran TV analog ke TV digital rampung dilakukan. Pemerintah terus melakukan perluasan jangkauan sinyal dan siaran TV digital.

Perluasan kekuatan jangkauan sinyal ini penting dilakukan karena masyarakat bisa menikmati kualitas siaran TV digital yang bersih gambarnya, jernih suaranya, dan canggih teknologinya.

“Sekarang ini siaran TV digital sudah menjangkau 87 dari total 112 wilayah layanan di Indonesia,” ujar Geryantika Kurnia, Direktur Penyiaran, Direktorat Jenderal PPI Kominfo.

Dilansir dari indonesiabaik.id, Anda dapat mengecek status siaran per wilayah layanan melalui situs siarandigital.kominfo.go.id. Anda juga dapat mengecek jangkauan siaran melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh pemerintah bernama SinyalTVDigital.

Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore atau Appstore. Berikut cara cek jangkauan sinyal TV digital di rumah Anda seperti dikutip dari akun Twitter resmi @kemenkominfo, 14 Januari 2022:

1. Unduh aplikasi “SinyalTVDigital” di Playstore atau Appstore.
2. Setelah selesai terpasang di ponsel pintar Anda, segera buka aplikasi tersebut.
3. Lalu, aplikasi akan meminta izin akses lokasi Anda. Klik “Izinkan”.
4. Tampilan akan berubah menjadi peta sesuai lokasi di tempat Anda berada.
5. Di bagian kiri bawah terdapat kolom “Legend”. Jika Anda buka, kolom tersebut akan menampilkan informasi, di mana lokasi sinyal TV digital dengan keterangan kuat hingga lemah.
6. Silakan cek pada peta warna yang muncul.
7. Peta akan memperlihatkan titik lokasi dan menghubungkannya dengan transmisi terdekat.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui apakah lokasi Anda memiliki sinyal TV digital lemah, sinyal TV digital jelek, atau belum ada sinyal TV digital sama sekali. Dengan aplikasi ini, Anda juga akan mendapatkan fitur detail tentang sinyal TV dan melakukan cek saluran TV digital.

Selain itu, aplikasi SinyalTVDigital juga dilengkapi dengan peta sebaran pemancar sinyal TV digital di seluruh Indonesia sehingga masyarakat dapat mengecek apakah saluran TV digital di kotanya tersedia atau tidak. Karena itu, aplikasi ini sangat cocok digunakan sebelum memutuskan untuk membeli TV DVB-T2 atau STB DVB-T2.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com